CV atau Curriculum Vitae adalah salah satu kunci utama kesuksesan saat melamar kerja. Untuk itu, buat CV kamu semenarik mungkin sehingga perusahaan memperhitungkan kamu dan memberi kesempatan untuk interview.

Saat melamar kerja biasanya diperlukan surat riwayat hidup yang berisi keterangan data pribadi calon pegawai, yang lazim disebut curriculum vitae (CV).

Pentingnya CV – yang berisi komponen utama dimana kamu menuliskan semua tentang diri kamu, dan apapun yang pernah dicapai selama ini – membuat kamu perlu membuatnya semenarik mungkin. Dengan kata lain, usahakan untuk menulis dan melengkapi CV yang lengkap dan jauh dari kata biasa, sehingga perusahaan memperhitungkan kamu dan akhirnya memberikan kesempatan untuk interview dan tes lainnya.

Berikut 6 cara agar CV kamu menarik dan memiliki nilai lebih di mata perusahaan atau pewawancara. Apa saja? Yuk simak ulasannya.

1. Mengumpulkan lebih banyak sertifikat

Via hotchocoandmarshmallows.wordpress.com
Via hotchocoandmarshmallows.wordpress.com

Entah itu mengikuti seminar atau apapun yang sesuai dengan bidangmu, kamu perlu mengumpulkan lebih banyak setifikat untuk mendukung dan memperkuat CV kamu.

Jika kamu melamar pekerjaan hanya dengan CV tanpa membubuhkan sertifikat, maka itu tidak akan cukup di mata perusahaan.

2. Mengikuti komunitas

Via gandjelrel.com
Via gandjelrel.com

Dengan ambil bagian dengan mengikuti komunitas, maka kamu akan menambahkan daftar pengalamanmu di CV. Perusahaan tempatmu melamar akan melihat bahwa kamu adalah orang yang aktif, punya minat pada dunia kemasyarakatan dan mudah bersosialisasi.

Baca halaman selanjutnya: Memperbanyak keahlian…