Memulai bisnis di usia 20-an akan memberikan banyak pengalaman berharga bagimu. Tidak perlu menunggu tua untuk memulai bisnis.

Semakin dini kamu memulai bisnis, semakin baik. Karena saat muda, kamu masih punya energi besar, motivasi sukses yang tinggi dan kemudahan untuk beradaptasi. Banyak orang berpikir tentang memulai bisnis di usia muda. Karena mereka ingin merasakan masa tua yang bahagia dengan memiliki bisnis yang stabil dan menguntungkan. Tidak lagi menjadi karyawan yang bekerja penuh tekanan dan hidup lebih santai karena banyak waktu luang.

Apapun motivasinya, jika kamu akan memulai bisnis, waktu ideal untuk memulainya adalah ketika kamu masih berusia 20 – 30 tahun. Mengapa demikian? Berikut alasannya.

Memiliki toleransi yang besar terhadap risiko

Dalam membuat bisnis atau startup tentu ada risiko gagal yang mungkin akan kamu hadapi. Karena kamu harus realistis, tidak semua startup akan berhasil. Waktu, tenaga, keuangan hingga karier bisa terkena dampak risiko.

Semakin muda kamu, maka semakin kamu dapat menoleransi risiko. Berbeda jika kamu sudah berumur dan berkeluarga. Ketika kamu mengalami kerugian, yang terkena dampaknya tidak hanya dirimu tapi juga keluargamu.

Kamu punya lebih banyak energi dan motivasi

Membangun bisnis atau startup butuh energi yang besar karena akan ada banyak pekerjaan yang harus diselesaikan. Saat masih muda, tentunya kamu punya lebih banyak energi, motivasi, dan antusiasme dibanding orang-orang tua. Tidak ada kesuksesan yang instan. Untuk meraihnya bisa jadi kamu butuh waktu yang panjang.

Saat kamu sudah tua, energimu tentu sudah menipis, begitu pun antusiasme yang kamu miliki. Selagi kamu punya energi kuat di usia muda, kamu akan lebih mampu bertahan dan berjuang di masa-masa sulit untuk menuju keberhasilan.

Next: Saat usia muda kamu lebih mudah beradaptasi