Ahlijasa, KlikDaily, LocalBrand Asia, 4Doctor, XWORK, dan HipCar, jadi enam startup yang lolos seleksi program akselerator GnB Accelerator Batch 1. Seperti apa ceritanya?

Dalam upaya menciptakan ekosistem startup yang baik di Indonesia, Infocom Corporation yang merupakan perusahaan IT terbesar dari Jepang dan Fenox Venture Capital yang berbasis di Silicon Valley, tengah menjalin kerjasama melalui program akselerator batch pertama mereka di GnB Accelerator.

Program ini telah berlangsung dengan menerima enam startup terpilih dari total 350 startup yang medaftarkan diri melalui situs GnB Accelerator, dan diseleksi langsung oleh Fenox Venture Capital.

Selama proses akselerasi, para partisipan mendapatkan beberapa fasilitas, seperti office space di Jakarta serta mentorship oleh founder startup dan corporate executive dari Silicon Valley, Jepang, Indonesia, Singapura, dan negara lain di Asia Tenggara.

Kentaro Hashimoto yang merupakan Program Manajer dari GnB Accelerator menyatakan, di akhir program akselerator ini, para startup akan diberi kesempatan untuk mempresentasikan hasil kerja kerasnya kepada investor, venture capital, corporate executive, dan juga media melalui acara Demo Day, yang akan berlangsung pada tanggal 19 Agustus nanti.

“Kami percaya, berbagai fasilitas dan akses yang kami siapkan akan menjadi fondasi bagi para founder startup untuk mengembangkan perusahaan rintisan mereka. Demo Day dapat menjadi sarana tepat bagi startup dalam memperoleh investasi dari investor lainnya,” kata Kentaro, dalam keterangan persnya yang diterima Hitsss, Jumat (24/6/2016).

Adapun enam startup yang tengah mengikuti program GnB Accelerator pada batch pertama ini, antara lain Ahlijasa, penyedia jasa laundry, servis AC, dan layanan pembersihan rumah yang praktis, dengan menggunakan sistem operasional yang berbasis teknologi.

Startup lain yang terpilih yaitu KlikDaily, mereka menawarkan kemudahan bagi pengguna aplikasi mobile, dalam memenuhi kebutuhan harian seperti air minum isi ulang dan gas LPG.

Ketiga yaitu LocalBrand Asia, yang mungkin sudah tidak asing lagi bagi para pencinta mode di tanah air, yang memiliki layanan omni-channel untuk UMKM dan brand di Asia Tenggara. Startup ini menyediakan solusi end-to-end yang memungkinkan penjualan multichannel secara real time melalui platform inovatif yang mereka miliki.

Startup terpilih lainnya adalah 4Doctor, yang menyediakan portal bagi para dokter untuk mendapatkan informasi terkini, tentang industri kesehatan dan menyambungkan langsung dengan perusahaan farmasi di Indonesia.

Kelima yaitu XWORK, penyedia layanan ruang rapat pribadi di Jakarta. Pengguna dapat menemukan ruang rapat untuk 1-2 jam di hotel, perkantoran, dan coworking space hanya dalam hitungan menit.

Startup keenam adalah HipCar, startup ini menawarkan kemudahan dalam menyewa kendaraan. Sistem yang mereka miliki dapat dilakukan secara otomatis dari pemesanan, penguncian hingga pembukaan pintu kendaraan, yang mana semua dapat dilakukan melalui aplikasi ini.

Saat ini, GnB Accelerator juga tengah membuka pendaftaran untuk batch kedua. Para founder startup kini bisa mendaftarkan startup mereka dengan mengisi aplikasi di laman http://www.gnb.ac sebelum 30 September 2016. (DI)