Salah satu yang menarik dari rangkaian acara Popcon Asia 2015, 7-9 Agustus 2015 lalu, adalah penganugerahan Kosasih Award. Nama Kosasih tentunya akrab bagi para komikus Indonesia, karena ia dikenal sebagai Bapak Komikus Indonesia.

Bekerjasama dengan Akademi Samali dan Kreavi.com, Kosasih Center mengadakan penganugerahan ini dengan tujuan mengapresiasi dan memotivasi komikus Indonesia, agar kian mendapat tempat di hati penikmat komik tanah air.

(Dok. Kosasih Center)
(Dok. Kosasih Center)

“Apresiasi terhadap para komikus lokal merupakan salah satu poin penting yang perlu kita lakukan. Bukan hanya sekadar ajang apresiasi, tapi juga pengenalan kepada masyarakat akan komik-komik berkualitas yang dihasilkan oleh kreator lokal. Harapannya, Kosasih Award dapat terus terselenggara agar menjadi tolok ukur bagi perkembangan komik tanah air. Selain itu, para komikus juga berkesempatan untuk berbagi, berjajaring dan saling mencari peluang kolaborasi,” ungkap Mayumi Haryoto, CEO Kreavi.com sekaligus Program Director Popcon Asia 2015.

Mayumi menambahkan, keberadaan komik merupakan salah satu cara yang baik untuk menyampaikan cerita, pesan, dan menyampaikan nilai dengan cara sederhana terutama oleh anak muda. “Komik karya anak bangsa perlu diapresiasi, salah satunya dengan kompetisi, award, serta workshop sehingga kita bisa terus mengembangkan potensi anak muda dalam menciptakan komik,” katanya.

Seno Gumira Aji Darma, Henry Ismono dan Hikmat Darmawan, para juri Kosasih Award, memutuskan bahwa nama-nama di bawah ini adalah peraih penghargaan:

  1. Sampul Terbaik = Badut Pembunuh – Garjon
  2. Karakter Terbaik = Si Juki – Faza Meonk
  3. Gambar Terbaik = Lentera Dari Selarong – Jink
  4. Komik Pendek Terbaik = A Sight To See (Fairy Frame #00) – Widya Virdilla
  5. Cerita Terbaik = Atom Jardin – Yudha Sandy
  6. Komik Terbaik = Atom Jardin – Yudha Sandy

This slideshow requires JavaScript.

Sebagai informasi, Kosasih Award pertama kali diselenggarakan tahun 2007. Pada masa itu, periode penerbitan komik yang diikut sertakan dalam rentang 1999 – 2007. Kemudian Kosasih Award kembali diselenggarakan pada tahun 2014 dengan menyeleksi lebih dari 300 judul komik dengan rentang penerbitan antara April 2013 – Maret 2014. Kosasih Award kembali diselenggarakan pada tahun 2015 dengan menyeleksi judul komik dengan rentang penerbitan antara April 2014 – Maret 2015. Selamat kepada para pemenang, semoga terus menciptakan karya-karya membanggakan! (KA)