Kalau kamu mengaku pencinta seni, khususnya seni kontemporer dan aneka pengembangannya dalam budaya kreatif, segera tandai kalendermu dengan agenda berikut: Art Sampoerna 2017.

Bulan Mei 2017 ini, ada agenda seru yang wajib didatangi, khususnya untuk kamu yang tertarik dunia seni kontemporer dan pengembangannya dalam aneka budaya kreatif di Indonesia. Adalah “Art Sampoerna 2017”, pameran seni yang akan hadir pada 19 hingga 21 Mei 2017 mendatang, bertempat di The Atrium, Sampoerna Strategic Square, Jakarta.

Art Sampoerna merupakan pameran yang diinisiasi oleh Mobiliari Group, grup media yang dikenal sebagai penerbit Indonesia Tatler dan juga portal Hitsss.com, yang bekerja sama dengan Putra Sampoerna Foundation.

Dengan mengangkat tema “Flow Into Now”, pameran Art Sampoerna ini akan dikuratori oleh Rizki A. Zaelani dari Galeri Nasional Indonesia, dan akan mengedepankan karya-karya seniman Indonesia penuh talenta dari beragam latar belakang, mulai dari seni rupa, desain, fotografi, hingga arsitektur.

Kalau penasaran dengan detailnya, berikut Hitsss paparkan beberapa alasan mengapa kamu harus mengunjungi Art Sampoerna:

1. Bukan hanya pameran seni

Art Sampoerna dimaksudkan sebagai sebuah pameran yang akan mempresentasikan perkembangan terkini dari dunia seni kontemporer dan aneka budaya kreatif di Indonesia. Namun bukan hanya pameran seni, dalam tiga hari, Art Sampoerna juga akan menggelar beberapa seri Art Talks yang akan mendiskusikan berbagai sisi dunia seni kontemporer.

Selain itu, ada juga Art Projects, yang akan menampilkan seni instalasi dari barang daur ulang berkolaborasi bersama sejumlah arsitek, ada juga workshop melukis, mematung, hingga kerajinan, serta tak ketinggalan rangkaian acara dalam segmen Young & Creative, seperti pop-up stores dan art tour untuk komunitas dan sekolah. Jadi lengkap sekali, ya?

2. Dihiasi seniman-seniman bertaraf internasional

Art Sampoerna ini pastinya juga akan banyak menarik perhatian para pencinta dan pemerhati dunia seni, karena tak sedikit dari para seniman yang akan berpartisipasi adalah mereka yang kiprahnya telah dikenal di berbagai pameran, baik tingkat nasional hingga kancah mancanegara.

Ada sekitar 48 seniman Indonesia dari sejumlah daerah, yaitu Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dan Bali, di antaranya Auguste Soesastro, Hanafi, Dolorosa Sinaga, Krisgatha Achmad, Nus Salomo, Ykha Amelz, Arkiv Vilmansa, Erwin Windu Pranata, Didik Sayahdikumullah, R.E. Hartanto, Farhan Siki, Heri Dono, Ichwan Noor, hingga Teja Astawa, yang akan memamerkan karyanya. Beberapa nama itu tentunya sudah tidak asing lagi bagimu, dan mengundang penasaran, karya terbarunya seperti apa yang akan ditampilkan kali ini, ya?

3. Kesempatan berjejaring dengan kolektor seni

Bukan hanya seniman, Art Sampoerna juga akan menarik atensi dan dihadiri oleh banyak kolektor seni, beberapa di antaranya kolektor besar negeri ini. Mereka yang memiliki koleksi karya-karya seni impresif, dan bahkan museum di Indonesia.

Sambil melihat-lihat karya seni yang dipamerkan, siapa tahu kamu juga bisa berkenalan dan menambah koneksimu dengan para kolektor seni ini. Dan dengan bertambahnya koneksi di dunia seni, kamu bisa mengeksplorasi dan mendapatkan akses untuk bisa bergabung di komunitas seni yang lebih besar, dan bahkan juga menunjang kariermu ke jenjang lebih lanjut di dunia seni.

4. Kolaborasi seni dan budaya kreatif beragam bidang

Salah satu yang menarik dari Art Sampoerna adalah bagaimana pameran ini akan mempertemukan dan ‘mengawinkan’ seni dan perkembangan terbaru dalam dunia seni rupa, desain, fotografi, hingga arsitektur. Namun demikian, tetap ada satu yang menjadi benang merah, Art Sampoerna menekankan pada ‘space’, yang diambil dari ide arsitektur.

Tapi bukan menampilkan desain-desain gedung atau bangunan berbau artsitektur semata, Art Sampoerna juga akan mengapresiasi eksperimentasi konsep dalam menginterpretasi dan memformulasi pengalaman seseorang terhadap ‘space’. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa follow Art Sampoerna di Facebook: ArtSampoerna2017, Instagram dan Twitter @artsampoerna, dan website-nya: www.artsampoerna.com. (DA/DI)