2. Pemandu Wisata
Via google.com
Via google.com

Bila kamu tinggal di daerah wisata, jangan biarkan kesempatan ini menjadi sia-sia! kamu bisa menjadi tour guide untuk wisatawan lokal maupun asing. Jangan lupa untuk membuat paket tour yang menarik dan beda dari yang lain. Semisal, buatlah paket tur untuk wisatawan asing yang ingin merasakan Indonesia yang “sebenarnya”, dan menjauhlah dari tempat-tempat wisata yang sudah biasa.

3. Jual barang yang hanya ada di negara lain
Via cityweekend.com.cn
Via cityweekend.com.cn

Seperti yang kita ketahui, banyak barang-barang yang hanya dijual di beberapa kota atau negara. Barang-barang ini sangat sulit didapat, ditambah dengan fakta biaya pengiriman dari luar negeri ke Indonesia sangat mahal.

Kesempatan ini dapat kamu jadikan peluang usaha dengan membuka jasa titip barang. Sebelum keberangkatan, kita bisa memberi tahu orang-orang di sekitar kita, dan bahkan membuka online shop untuk posting barang apa saja yang bisa mereka titip ke kita di destinasi liburan.
Barang-barang tersebut dapat kita mark-up dengan fee jasa pembelian dan ingat selalu dengan kuota. Jangan sampai melebihi batas barang bawaan yang diberikan  maskapai pesawat kalian dan malah harus mengeluarkan uang lebih untuk membayar biaya tambahan baggage. Kosmetik bisa jadi pilihan tepat untuk dijual, karena selain ukurannya yang kecil, peminatnya juga pasti banyak.
Baca halaman selanjtnya: Rajin posting di instagram…