Peristiwa Langka 77 Tahun Patung Yesus di Tengah Perang Rusia Ukraina


Senin, 7 Maret 2022 – 17:08 WIB

VIVA – Sudah lebih satu pekan tak ada tanda-tanda militer Rusia bakal menghentikan operasi khusus. Serangan dahsyat terjadi hampir di semua wilayah Ukraina.

Ratusan ribu penduduk mengungsi, banyak nyawa melayang. Entah itu prajurit militer Rusia, prajurit militer Ukraina, warga sipil atau juga tentara sekutu Rusia yang turut dalam pertempuran itu.

Namun, tak cuma manusia jadi korban pertempuran era modern itu, tapi juga berbagai infrastruktur penting. Bangunan pemerintah, bangunan tempat ibadah dan benda-benda bersejarah.

Memang tak mudah untuk melindungi bangunan itu dari kemungkinan terkena ledakan senjata berat yang digunakan para pasukan militer dalam pertempuran.

Nah belum lama ini, ada sebuah peristiwa langka terjadi di Kota Lviv, Ukraina. Kejadiannya terekam terjadi di sebuah Katedral Armenia di tengah Kota Tua.

VIVA Militer: Evakuasi patung di Katedral Lviv.

VIVA Militer: Evakuasi patung di Katedral Lviv.

Jadi, para pekerja budaya di bawah imbauan The United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) mencopot patung Yesus yang terpasang di Katedral itu. Kemudian patung dibungkus rapi pakai plastik dan dievakuasi ke sebuah ruang bawah tanah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.