Peristiwa 7 Maret Viral di TikTok, Kecelakaan Pesawat Garuda Indonesia Tahun 2007, Lengkap hingga Kronologi


BERITA DIY- Tanggal 7 Maret menjadi viral di laman media Tik Tok. Simak kronologi kecelakaan pesawat Garuda Indonesia tahun 2007, lengkap hingga kronologi.

Jatuhnya pesawat Garuda Indonesia kembali viral di TikTok. Pesawat tersebut jatuh dan tergelincir di Bandar Udara Adi Sucipto, Yogyakarta. Pesawat dengan nomor penerbangan GA-200 sebelumnya adalah penerbangan dengan rute Jakarta menuju Yogyakarta.

Kecelakaan terjadi tepat pukul 07:05 WIB setelah Pesawat Garuda Indonesia GA-200 lepas landas dari Bandar Udara Soekarno Hatta pada pukul 06:00 WIB. Pesawat naas tersebut gagal melakukan pendaratan hingga keluar landasan.

Baca Juga: Tanggal 7 Maret Hari Apa? Berikut Daftar Peristiwa Bersejarah yang Terjadi

Pada saat kejadian tersebut, Pesawat Garuda Indonesia menggunakan pesawat dengan jenis Boeing 737-4B7. Kecelakaan tersebut terjadi karena kelalaian pilot yang saat itu bertugas sehingga pesawat kehilangan kendali ketika melakukan pendaratan.

Bahkan pilot pesawat tersebut dinyatakan bersalah oleh Pengadilan Negeri Sleman Yogyakarta. Komar yang juga sebagai pilot dikabarkan mendapatkan sanksi kurungan penjara selama 2 tahun.

Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) menyebutkan bahwa pesawat berada pada kecepatan 60 persen lebih tinggi dari yang seharusnya. Kelalaian tersebut karena pilot tidak mengaktifkan flap sayap pesawat tidak diatur sebagai mana prosedur seharusnya.

Baca Juga: 7 Maret 2022 Hari Apa di Sepakbola hingga Viral di TikTok? Apakah Hari Libur dan Tanggal Merah?

Bahkan pilot sempat berdebat mengenai kecepatan pesawat. Kapten mengatakan ada gowngust yang menyebabkan pesawat terdorong ke bawah hingga menyebabkan kehilangan kendali.

Leave a Reply

Your email address will not be published.