Ada Apa dengan 7 Maret 2022? Ini Dua Peristiwa Penting yang Terjadi di Indonesia pada Tanggal 7 Maret



PORTALMALUKU.COM – Ada apa dengan 7 Maret 2022 yang jadi bahasan hangat netizen hingga membuat TikTok trending? Berikut dua peristiwa penting di Indonesia yang terjadi pada tanggal 7 Maret.

Menguliti perjalanan panjang sejarah bangsa kita, pada tanggal 7 Maret 2022, ada peristiwa penting yang terekam. Berikut dua peristiwa penting yang perlu diketahui.

1. Peswat Garuda Indonesia Jatuh

Pada tanggal 7 Maret 2007, pesawat Garuda Indonesia, GA 200, mencoba terbakar di Bandara Adisutjipto, Yogyakarta setelah pilot pesawat itu mendekati bandara dengan kecepatan tinggi. Sebanyak 21 orang tewas dalam peristiwa nahas itu.

2. Akhir Politik Soekarno

Pada tanggal 7 Maret 1967, MPRS menggelar sidang. Pokok sidang itu, sebut Jhon De Legge, dikutip Portal-Maluku.com dari SUKARNO: Sebuah Biografi Politik (1969), yaitu menarik mandat dari Soekrano dan pilihannya kepada Soeharto (hlm. 466).

Baca Juga: BREAKING NEWS: 6 Orang Ini Dihukum Mati Setelah Mencoba Bunuh Presiden Prancis pada 4 Maret 1963

“Ini dilakukan, sebenarnya, secara khsus memuat dua hal: MPRS telah menarik fungsi kepresidenan dan Sukarno, tapi bukan titel presidennya. Soeharto diangkat menjadi Pejabat Presiden,” tulis Jhon De Legge.

Soeharto baru secara sah mendapatkan gelar penuh sebagai Presiden melalui keputusan MPRS pada 27 Maret 1968.

Soekarno dianggap gagal dalam mengatasi kemerosotan ekonomi Indonesia dan politik nasional, salah satunya tragedi berdarah pada 30 September 1965 yang merupakan Partai Komunis Indonesia (PKI) yang dituding sebagai aktor utamanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.