6 Peristiwa Penting Bulan Sya’ban yang Wajib Diketahui Umat Islam


Berikut ini merupakan peristiwa penting bulan sya’ban, Umat Islam wajib tahu (Sumber: Pixabay/dayamay)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Bulan Sya’ban adalah bulan istimewa dalam Islam. Ada banyak peristiwa penting di bulan ini sebagai bukti Sya’ban adalah bulan istimewa. 

Umat Islam sendiri sudah memasuki pekan pertama bulan Sya’ban 1443 Hijriah. Bulan Sya’ban sendiri tahun ini mulai pada hari Kamis 2 Maret 2022. 

Bulan Syakban sendiri berada di antara dua bulan suci umat Islam. Yakni bulan Rajab dan bulan Ramadan. 

Dikutip dari Sirah Nabawiyah Mohammed karya Martin Lings dan Sirah Nabawiyah: Perjalanan Hidup yang Agung karya Syekh Syafiurrahman Al-Mubarruki, berikut ini merupakan beberapa peristiwa bersejarah yang terjadi pada bulan Sya’ban.

Baca Juga: Bulan Syakban: Niat Puasa, Keutamaan, dan Doa, Lengkap dengan Waktu Nisfu Syakban 1443 Hijirah

6 Peristiwa Penting Bulan Sya’ban

Turunnya perintah Selawat 

Hal ini berkaitan dengan turunnya QS al-Ahzab:56 yang berisi perintah berselawat kepada Nabi Muhammmad SAW. Itulah alasan, bulan Sya’ban disebut juga bulan Selawat Nabi. 

Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bersalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman! Bersalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya. (QS Al-Ahzab ayat 56)

Baca Juga: Bulan Syaban dan Kisah Pemindahan Kiblat Umat Islam, dari Masjidil Aqsa ke Masjidil Haram
 
Perpindahan Kiblat Umat Islam

Di Bulan Sya’ban, ada peristiwa pindahnya kiblat umat Islam dari Baitul Maqdis di Palestina ke Masjidil Haram di Mekah. Ini terjadi tepatnya pada 16 atau 17 bulan usai Nabi Hijrah dari Mekah ke Medinah, atau tahun kedua menurut kalender hijriah.

Turunnya Perintah Puasa Ramadan

Pada bulan Sya’ban, perintah berpuasa datang dari Allah SWT. Ini terjadi pada tahun kedua hijriah. Itulah alasan, kenapa bulan Sya’ban dianggap sebagai penanda datangnya bulan suci Ramadan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.