Preman Viral Palak-Todong Penumpang Bus di Kalideres Seorang Residivis


Jakarta

Polisi menangkap FP (23), preman viral yang memalak dan menodong penumpang bus di Terminal Kalideres, Jakarta Barat. Polisi menyebut pelaku merupakan residivis.

“Untuk pelaku ini sudah menjadi residivis karena sebelumnya sudah masuk ke Polsek Kalideres dengan kasus pemerasan juga. (Residivis) tahun 2020 silam,” kata Kapolsek Kalideres AKP Syafri Wasdar dalam jumpa pers di Polsek Kalideres, Senin (7/3/2022).

Syafri mengatakan peristiwa itu terjadi di dalam Bus Murni Jaya, tepatnya di depan Terminal Kalideres Jalan Daan Mogot Km 16, Kalideres, Jakarta Barat, pada Sabtu (5/3/2022) sekitar pukul 12.30 WIB.

Syafri menyebut pihaknya menindaklanjuti kasus tersebut setelah video pemalakan yang dilakukan pelaku viral di media sosial.

“Adapun kejadiannya itu berawal dari berita di Tiktok, yang aman pelaku naik ke bus Murni Jaya, kemudian dia memaksa minta kepada penumpang sejumlah uang dengan mengancam memakai pisau,” ujarnya.

Selanjutnya, unit Reskrim Polsek Kalideres langsung melakukan pencarian dan berhasil mengamankan pelaku yang tengah duduk di sebuah warung.

“Dari penelusuran di depan Terminal Kalideres pelaku dapat diamankan pada saat sedang duduk di sebuah warung yang terbuat dari tenda dan baju yang di kenakan masih sama dengan baju yang di pakai pada saat melakukan pemalakan,” kata dia.

Hasil interogasi sementara, Syafri mengatakan, dari aksi pemalakannya tersebut, pelaku berhasil mendapatkan uang sebesar Rp 120 ribu dari para korban.

“Pelaku meminta uang kepada semua penumpang dan sekali naik bus dengan mengancam pakai sebilah pisau tersebut pelaku bisa mendapatkan uang sebesar Rp 120.000,” kata dia.

Lebih lanjut, Syafri menuturkan, saat melakukan aksi, pelaku menggunakan senjata tajam yang dia rakit sendiri dari gunting.

“Barbuk satu buah pisau yang dari gunting dibuat menjadi pisau. Untuk gunting yang digunakan dibentuk sedemikian rupa jadi menyerupai pisau namun digunakan untuk mengancam atau menakut-nakuti orang,” kata dia.

Syafri menuturkan saat ini pelaku beserta barang bukti berupa pakaian yang dia pakai dan sebilah senjata tajam sudah diamankan di Polsek Kalideres.

(mea/mea)

Leave a Reply

Your email address will not be published.