Mau Cuan dari Bikin Konten? Pakai Cara Ini Biar Cepat Viral


Jakarta

Konten viral merupakan salah satu teknik marketing yang digunakan brand untuk mengenalkan produknya. Biasanya mereka menggunakan jasa content creator atau influencer demi mencapai tujuan tersebut.

Beauty Influencer Janes CS memberikan tips agar konten viral di TikTok. Hal itu bisa terjadi jika dikemas dengan kreativitas dan ide yang membuat audiens penasaran di 5 detik awal sampai akhirnya klik like, komentar, dan membagikannya hingga jadi viral.

“Krusial di 5 detik awal kita harus putar otak gimana caranya orang untuk stay nonton kemudian like, comment, share itu sudah pasti viral,” kata Janes dalam program d’Mentor detikcom, Kamis (3/3/2022) malam.

Meskipun lulusan S2 Komunikasi, Janes mengaku hal-hal seperti itu dia pelajari secara autodidak. “Media sosial ini sesuatu yang sangat unik. Salah satu konten jadi viral bagi gue tergantung platformnya juga. Dikarenakan gue besar dari TikTok, gue belajar dari TikTok,” tuturnya.

Meski begitu, konten viral tidak selalu bagus dan menguntungkan untuk sebuah brand. GM Maverick Indonesia, Strategic Communications Consultancy Marsha Imaniara mencontohkan salah satu kasus Kendall Jenner yang meskipun viral, banyak dihujat netizen.

“Kendall Jenner waktu dia jadi bintang iklan di minuman bersoda waktu itu blundernya sedang ramai-ramainya isu sosial soal racism, lalu dia mengimplikasinya membuat isu seolah-olah dengan minuman bersoda, isu yang sedemikian rupa bisa soft, bisa senang-senang, bahagia. Ini agak salah konsep sehingga dia viral karena dihujat oleh netizen,” imbuhnya.

Sasaran yang diharapkan dari influencer sendiri ada tiga, yakni awareness (menginfokan ke audiens sehingga yang tadinya tidak tahu jadi tahu), attitude (mengubah persepsi) dan mengubah behaviour (dari yang tadinya tidak beli produk jadi membelinya bahkan sampai jadi langganan).

(aid/eds)

Leave a Reply

Your email address will not be published.