Kata Pengurus Masjid soal Viral Pembatas Saf Salat Geser Sendiri


Magelang

Sebuah video yang menampilkan pembatas saf salat di salah satu masjid bergerak sendiri viral di media sosial. Disebut-sebut, kejadian itu terjadi di masjid di Grabah, Kabupaten Magelang.

Dalam video yang beredar, tampak pembatas saf salat berada di tepi masjid. Kemudian, tiba-tiba sejumlah pembatas saf salat itu bergerak perlahan.

Video itu diunggah oleh akun Instagram @kotamagelang.id. Video tersebut diunggah dua hari yang lalu.

Pengurus Takmir Masjid Al Muqorrobien, Ta’ibin, angkat bicara terkait hal tersebut. Kejadian dalam video viral itu pada Selasa (8/2) sekitar pukul 11.00 WIB.

“Tiga pembatas ada di sebelah selatan. Pada saat itu bergerak itu, yang satu ke arah timur, yang satu ke utara,” kata Ta’ibin ketika dihubungi detikJateng, Sabtu (12/2/2022).

Pembatas saf salat itu terbuat dari kayu. Meski ada roda, namun pembatas salat itu membutuhkan tenaga yang ekstra untuk menggesernya.

“Kalau didorong itu juga butuh tenaga, meskipun ada roda itu dorong butuh tenaga. Kalau apa penyebabnya, monggo (silakan) dianalisa sendiri. Seandainya angin dari arah selatan itu, sementara di sebelah selatan rumah tingkat ada tiga dekat, posisinya seperti itu,” katanya.

Ta’ibin mengatakan kejadian itu pernah terjadi pada tahun 2020. Kala itu, pembatas saf salat bergeerak sendiri ketika pengurus masjid sedang mengadakan rapat.

“Kejadian seperti itu juga pernah (terjadi) Mei 2020, malam. Dengan pembatas berjajar yang sama, tapi pembatas pada saat itu dari kain dan kerangkanya aluminium. Ada videonya masih saya simpan. Tapi penyebabnya monggo dianalisa sendiri,” pungkasnya.

Simak berita selengkapnya soal pembatas saf salat bergeser sendiri di detikJateng

(isa/dnu)

Leave a Reply

Your email address will not be published.