Dear Lab! Ini Pesan Kemenkes soal Kasus-kasus Viral Salah Kirim Hasil PCR


Jakarta

Kasus-kasus salah kirim hasil tes PCR bermunculan di tengah lonjakan kasus COVID-19. Tak pelak, kesalahan ini bikin resah dan melunturkan kepercayaan terhadap hasil tes COVID-19.

Salah satu yang menjadi korban salah kirim adalah seleb TikTok Natasha Surya, yang mengaku ‘divonis’ positif COVID-19 padahal belum tes PCR. Meski diakui masalahnya sudah selesai, ia sempat dibuat jengkel karenanya.

Juru bicara vakasinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan RI dr Siti Nadia Tarmizi menyebut kasus-kasus salah kirim mungkin terjadi karena human error. Ia memberikan catatan serius agar hal itu tidak semakin banyak terulang.

“Tentunya pihak pengelola laboratorium harus memastikan hal seperti ini tidak terjadi, karena bagian dari pemantauan internal,” pesan dr Nadia saat dihubungi detikcom, Selasa (15/2/2022).

Bagi masyarakat yang merasa resah dengan kasus-kasus serupa, dr Nadia mengatakan sah-sah saja melakukan tes pembanding untuk meyakinkan. “Bisa dilakukan,” kata dr Nadia.

Inisiatif warga untuk tes COVID-19 yang memang sedang meningkat tentu tidak bisa jadi alasan untuk menganggap wajar kesalahan yang terjadi. Akurasi di atas segala-galanya, tidak semestinya dikorbankan hanya karena sedang banyak yang sedang membutuhkan tes.

Simak Video “Hasil Tes PCR Pembanding Berbeda, Mana yang Diakui?
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)


Leave a Reply

Your email address will not be published.