Tanggal 9 Februari 2022 Hari Apa? Sejarah Hari Pers Nasional dan Profil 5 Tokoh Wartawan Indonesia


BERITA DIY – Simak sejarah Hari Pers Nasional (HPN) yang diperingati tanggal 9 Februari 2022 beserta lima profil tokoh wartawan Indonesia inspiratif.

Hari Pers Nasional jatuh setiap tanggal 9 Februari 2022. HPN berawal dari sejarah panjang sejak awal kemerdekaan tepatnya tahun 1946.

Ketika itu ada momen penting di mana Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) berdiri pada tanggal 9 Februari. Hingga kini peringatan dirayakan setiap tanggal yang sama tak terkecuali tahun 2022 ini.

Baca Juga: 20 Link Twibbon Hari Pers Nasional 9 Februari 2022 dan Cara Download hingga Pasang di Sosmed

Dikutip dari website pwi.or.id, PWI adalah organisasi wartawan pertama di Indonesia. Tanggal berdirinya organisasi kini dikenal sebagai Hari Pers Nasional.

Adapun tujuan dari PWI diharapkan seluruh wartawan menjadi tangguh untuk berperan dalam perjuangan Indonesia hingga menentang penjajahan serta negara lain yang ingin menghancurkan kedaulatan Tanah Air.

Saat zaman awal kemerdekaan, para pewarta menjadi ‘jembatan’ dalam menyuarakan dan memperjuangkan suara bangsa melalui tulisan.

Baca Juga: Kumpulan Ucapan Hari Pers Nasional: Ini Tema dan Link Download Logo HPN, 2022 Peringatan ke Berapa?

Empat bulan berselang, SPS yang memiliki kepanjangan dari Serikat Penerbit Suratkabar dicetuskan pada bulan Juni 1946.

PWI memiliki visi “Menjadikan PWI organisasi profesional dan bermartabat di era transformasi lanskap media dengan spirit kebangsaan, kebebasan, dan kreativitas digital”.

Leave a Reply

Your email address will not be published.