Sejarah Singkat Pancasila, Ideologi Pemersatu Bangsa Indonesia


MEDIA BLITAR – Simak sejarah singkat Pancasila yang merupakan ideologi dan dasar negara Indonesia yang mempersatukan bangsa dalam artikel ini.

Tanggal 1 Juni diperingati sebagai hari lahirnya Pancasila. Melalui beberapa proses akhirnya dijadikannya Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara Indonesia.

Pancasila lahir dari pemberian janji kemerdekaan kepada bangsa Indonesia oleh Perdana Menteri Jepang yang bernama Kuniaki Koiso tanggal 7 September 1944.

Baca Juga: PDI Perjuangan Jawa Barat Minta Arteria Dahlan Dipecat, Dianggap Murtad Tidak Berideologi Pancasila

Janji tersebut diberikan lantaran membuat bangsa Indonesia membantu Jepang melawan sekutu. Karena terus menerima desakan, tangal 29 April 1945 Jepang memberikan janji kedua berupa kemerdekaan kepada bangsa Indonesia.

Janji tersebut tertuang dalam Makluman Gunseikan yang merupakan Pembesar Tertinggi Sipil dari Pemerintah Militer Jepang di Jawa dan Madura.

Dalam uraian maklumat tersebut berisi tentang dasar pembentukan Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia atau disingkat BPUPKI.

Baca Juga: SEJARAH HARI INI: BPUPKI Dibubarkan dan Berganti Nama Menjadi Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia Kenapa?

Tugas BPUPKI adalah menyelidiki dan mengumpulkan usul-usul untuk selanjutnya diutarakan kepada pemerintahan Jepang agar menjadi pertimbangan untuk kemerdekaan Indonesia.

Awal mulanya anggota dari BPUPKI berjumlah 70 orang yang di antaranya adalah 62 orang Indonesia dan 8 orang anggota istimewa bangsa-bangsa Jepang yang tidak berhak berbicara atau sebagai komentator.

Leave a Reply

Your email address will not be published.