Sejarah Kerajaan Hindu Budha di Indonesia dan Perkembangan Kerajaan Islam


Candi Prambanan. [shutterstock]

Kerajaan Hindu Budha di Indonesia memberikan pengaruh yang besar bagi perkembangan Indonesia. Kerajaan-kerajaan ini mulai runtuh saat mulai berkembangnya Kerajaan Islam.

SuaraJogja.id РSejarah  Indonesia selalu berkaitan dengan agama Hindu dan Budha. Sejarah Indonesia juga pastinya terkait dengan Kerajaan Hindu Budha di Indonesia. Indonesia semakin berkembang karena adanya jalur maritim dan negara Indonesia adalah negara kepulauan.

Hal ini mempermudah negara lain untuk singgah. Negara lain tersebut yakni Tiongkok, India, dan negara Timur Tengah lainnya.

Agama Buddha masuk ke Indonesia sekitar pada abad ke 2 Masehi. Hal tersebut dibuktikan dengan penemuan patung Buddha dari perunggu di daerah Jember dan Sulawesi Selatan.

Pengenalan agama Buddha di Nusantara juga terdapat dalam laporan pengelana Cina bernama Fa Hsien pada awal abad ke 4 Masehi.

Baca Juga:
Apa Kerajaan Islam Pertama di Pulau Jawa? Klik di Sini!

Pada abad ke 4, terdapat kerajaan bercorak Hindu Buddha di Jawa Barat yakni Kerajaan Tarumanegara. Kemudian ada pula Kerajaan Sunda hingga abad ke 16.

Kemudian ada pula Kerajaan Mataram Kuno. Selanjutnya, muncul dua kerajaan besar yakni kerajaan Sriwijaya dan Majapahit.

Pada abad ke 7 hingga 14, kerajaan Sriwijaya berkembang di Sumatera. Pada tahun 670 M, Penjelajah Tiongkok mengunjungi ibu kota Palembang. Pada puncak kejayaan Raja Sriwijaya mulai mencapai Jawa Tengah dan Kamboja.

Pada abad ke 14, kerajaan Majapahit muncul di Jawa Timur. Sebelum masuknya Hindu dan Buddha, masyarakat prasejarah telah memiliki kebudayaan yang unik dan berkembang.

Warisan Kerajaan Hindu Budha di Indonesia adalah hasil karya seperti karya sastra India yang dibawa ke Indonesia yakni wiracarita Ramayana Mahabarata dan lain-lain.

Baca Juga:
5 Kerajaan Hindu Budha di Indonesia yang Perlu Diketahui

Selain itu, kerajaan Hindu Budha di Indonesia juga membawa pengaruh pada sistem politik dan pemerintahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.