Sejarah 16 Februari: Kelahiran Tokoh Berpengaruh, Kim Jong Il hingga Valentino Rossi


Sejarah 16 Februari: Kelahiran Tokoh Berpengaruh, Kim Jong Il hingga Valentino Rossi
Kim Jong il. ©2015 Merdeka.com/www.abc.net.au

Merdeka.com – Setiap hari menjadi hari kelahiran berbagai orang dari berbagai wilayah. Salah satunya hari ini, 16 Februari yang menjadi hari kelahiran beberapa tokoh penting dunia yang berpengaruh.

Siapa menyangka misalnya, dua tokoh dari dua negara komunis lahir di tanggal yang sama, yaitu 16 Februari, namun di masa yang berbeda. Selain itu, ada pula pembalap motor dunia yang pamornya sudah tak perlu ditanyakan lagi, yakni Valentino Rossi, meski kini dirinya sudah pensiun.

Berikut selengkapnya merdeka.com rangkum peristiwa 16 Februari yang menjadi salah satu hari kelahiran tokoh dunia yang menarik diketahui.

2 dari 3 halaman

Hua Guofeng (1921-2008)

Tokoh yang lahir pada 16 Februari yang pertama adalah Hua Guofeng, seorang revolusioner komunis dan politisi yang menjadi pemimpin penting setelah kematian Mao Zedong pada tahun 1976.

Lahir sebagai Su Zhu di provinsi Shanxi, Hua bergabung dengan Partai Komunis Tiongkok (PKT) dan menjadi veteran Tentara Merah dan Long March. Selama tahun 1940-an, ia menjabat sebagai tentara dan propagandis partai sebelum dikirim ke provinsi Hunan.

Selama dua dekade, Hua bekerja sebagai pejabat PKC regional di Hunan. Dia menunjukkan kesetiaannya kepada Mao Zedong dengan memproduksi literatur dan propaganda yang memuji ketua dan kebijakannya, termasuk Lompatan Jauh ke Depan. Hua juga membela kebijakan ekonomi Mao di pleno Lushan pada tahun 1959. Kesetiaan ini membuatnya disukai dan didukung oleh Mao.

Profil Hua semakin meningkat ketika ia memainkan peran utama dalam mempromosikan Revolusi Kebudayaan di Hunan. Pada awal 1970-an, Hua dipanggil ke ibu kota, diangkat menjadi Komite Sentral dan Politbiro, dan ditugaskan di bidang pertanian nasional.

Pada tahun 1975, ia diangkat sebagai wakil perdana menteri, menjadi perdana menteri setelah kematian Zhou Enlai pada Januari 1976. Ini adalah kenaikan yang luar biasa bagi seorang politikus provinsi sederhana yang relatif tidak dikenal beberapa tahun sebelumnya.

Kim Jong Il (1942-2011)

il

©2017 Merdeka.com

Kim Jong Il lahir pada 16 Februari 1941, meskipun catatan resmi menyebutkan kelahirannya setahun kemudian. Beberapa misteri menyelimuti kapan dan di mana Kim Jong Il lahir. 

Biografi resmi Korea Utara menyatakan bahwa kelahirannya terjadi pada 16 Februari 1942, di sebuah kamp rahasia di Gunung Paekdu di sepanjang perbatasan Tiongkok, di Kabupaten Samjiyon, Provinsi Ryanggang, di Republik Rakyat Demokratik Korea (Korea Utara). Laporan lain menunjukkan dia lahir setahun kemudian di Vyatskoye di bekas Uni Soviet.

Selama Perang Dunia II, ayahnya memimpin Batalyon 1 Brigade ke-88 Soviet, yang terdiri dari orang-orang buangan Cina dan Korea yang memerangi Tentara Jepang. 

Ibu Kim Jong Il adalah Kim Jong Suk, istri pertama ayahnya. Catatan resmi menunjukkan bahwa Kim Jong Il berasal dari keluarga nasionalis yang secara aktif menentang imperialisme dari Jepang pada awal abad ke-20.

Selama bertahun-tahun, kepribadian Kim yang mendominasi dan konsentrasi penuh kekuasaan telah menentukan negara Korea Utara.

3 dari 3 halaman

Valentino Rossi (1979 – sekarang)

valentino rossi resmi pensiun dari motogp

©2021 AFP/Erwin Scheriau/APA

Valentino Rossi, idola utama balap motor internasional, adalah salah satu pembalap motor paling berbakat dan sukses yang pernah ada. Memiliki hasrat untuk balapan di usia yang sangat muda, dia memenangkan gelar balap dunia pertamanya pada usia 18 tahun.

Sejak itu, dia tidak pernah melewatkan balapan dan telah membuat rekor, satu demi satu. Tidak diragukan lagi, dia berada di jalur untuk menjadi legenda sepeda motor atau lebih tepatnya, dia sudah menjadi legenda.

Kim Soo Hyun (1988– sekarang)

kim soo hyun

Instagram @soohyun_k216 ©2020 Merdeka.com

Kim Soo-hyun adalah aktor Korea Selatan populer yang dikenal karena perannya yang beragam dalam banyak film dan serial TV Korea yang terkenal.

Kualitas aktingnya telah memberinya beberapa penghargaan selama bertahun-tahun seperti Forbes Korea Power Celebrity dan banyak penghargaan film dan TV untuk penampilannya.

Lahir dan besar di Seoul, Kim tidak terlalu populer di sekolah, bahkan sebaliknya; seorang remaja pemalu, pemalu, rendah diri, yang bahkan tidak bisa berbicara dengan orang asing tanpa merasa gugup.

Ibunya kemudian mengeluarkannya dari fase ini, dan Kim mulai berakting, untuk menantang dirinya lebih jauh dan dengan keberuntungan dan kerja keras, dia menjajal akting pertamanya di ‘Kimchi Cheese Smile’, sebuah acara TV Korea 2007.

Setelah ditolak untuk acara populer ‘Boys over Flowers’, Kim tidak merasa berkecil hati dan melanjutkan audisi.

Sampai sekarang, ia memiliki beberapa film Korea terbaik dekade terakhir untuk pujiannya, seperti ‘The Thieves’ dan ‘Secretly, Greatly’. Daftar panjang acara TV yang sukses termasuk ‘Dream High’, ‘Moon Embracing the Sun’ dan ‘The Producers’.

[amd]

Leave a Reply

Your email address will not be published.