Koplak di Boyolali, Kampung Tilas Sejarah Transportasi


Boyolali – Kampung di tengah kota Boyolali ini punya nama unik. Koplak namanya. Bagaimana ceritanya kawasan itu sampai disebut Kampung Koplak?

Dalam Bahasa Jawa, kata koplak biasa untuk menyebut keadaan suatu wadah tertutup yang tak terisi penuh. Namun, koplak bisa juga diartikan sinting jika kata itu disematkan di belakang nama seseorang.

Bagi warga Boyolali dan sekitarnya, Kampung Koplak tentu sudah tak asing. Tidak sulit untuk menemukan kampung ini, karena berada tepat di kawasan jantung kota Boyolali. Tepatnya di depan Pasar Boyolali, Jalan Pandanaran.

Kampung Koplak berbatasan dengan Kampung Tegalsari di sisi timur, Kampung Pulisen di sisi barat, Kampung Gudang di utara, dengan Kampung Surodadi di selatan. Semua kampung itu masuk dalam wilayah Kelurahan Siswodipuran, Kecamatan Boyolali Kota.

“Kami belum menemukan data yang valid tentang siapa sebenarnya dulu yang menetapkan nama kampung ini jadi Koplak,” kata tokoh masyarakat setempat, Much Ichsanudin, kepada detikJateng, Jumat (11/2/2022).

Balai warga Kampung KoplakBalai warga Kampung Koplak (Foto: Ragil Ajiyanto)

Namun, Ichsanudin mengatakan, kampungnya dulu adalah terminal atau lokasi pemberhentian sekaligus penginapan sarana transportasi zaman dahulu. Mulai dari andong (kereta kuda), gerobak (ditarik sapi) dan gluthuk (gerobak yang ditarik orang).

Bermacam sarana transportasi itu untuk mengangkut dagangan ke Pasar Boyolali. Daerah itu menjadi lokasi pemberhentian atau penginapan alat transportasi tradisional.

“Jadi terminal itu sejak sekitar 1925. Karena menjadi lokasi terminal andong, dokar, gerobak, gluthuk itulah akhirnya sebutan Koplak semakin terkenal. Seiring waktu, orang terus menyebut wilayah di sini dan sekelilingnya dengan sebutan Kampung Koplak,” jelas Udin, sapaan akrabnya.

Meski terminal klasik itu sudah tak ada berbekas, tetap saja nama Koplak terlanjur melekat.

“Lokasi yang dulu dipakai sebagai terminal andong, dokar, dan gerobak itu sekarang sudah berdiri toko swalayan Mitra,” ungkapnya.

Simak Video “4 Bayi Lahir di Tanggal Cantik di RSUD Boyolali, Ada yang Kembar
[Gambas:Video 20detik]
(dil/rih)

Leave a Reply

Your email address will not be published.