Seringkali, para wirausahawan merasa bertanggungjawab untuk menjalankan bisnis 24/7. Akibatnya, waktu libur mereka pun terganggu.

Pernah mendengar istilah vacation anxiety? Istilah ini merujuk pada kondisi saat kita merasa tidak tenang alias gelisah, tatkala sedang menikmati libur.

Utamanya, kegelisahan tersebut berhubungan dengan pekerjaan ataupun bisnis yang kita miliki. Bukannya bersantai, kita justru merasakan tekanan yang besar.

Berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh OnDeck pada 200 wirausahawan, hanya 9 persen koresponden yang berani mengambil cuti penuh selama 2 minggu. Sisanya, merasa cukup dengan berlibur selama seminggu, atau bahkan beberapa hari saja. Penyebab terbesarnya? Tentu saja vacation anxiety.

Mengingat perkembangan teknologi saat ini sudah semakin canggih, sejatinya kesulitan menjalankan bisnis di tengah liburan sekalipun dapat ditekan. Agar liburanmu berlangsung tenang, pastikan kamu menjalankan hal-hal penting ulasan Hitsss berikut ini:

Manajemen waktu yang tepat

Bahkan untuk memilih waktu libur yang tepat sekalipun, kita perlu menerapkan manajemen waktu. Kapankah waktu berlibur yang paling sesuai untukmu (dan juga bisnismu)?

Cobalah berpikir strategis dengan memilih waktu di kala bisnismu tidak berada dalam situasi kritis, yang membutuhkan kehadiranmu secara intens. Dengan begitu, kamu pun bisa berlibur dengan maksimal, baik dari segi fisik mauun mental.

Baca halaman selanjutnya: Delegasikan pekerjaan, hal pertama yang wajib…