Ajang pencarian bartender Heineken kembali di gelar. Kali ini Jakarta menjadi tuan rumah pada babak final Heineken Global Bartender Competition 2018.

Heineken Global Bartender Competition 2018 diadakan di 5 kota besar di Indonesia, diantaranya Medan, Bandung, Surabaya, Bali dan terakhir Jakarta. Ajang ini bertujuan untuk melihat bagaimana keahlian seorang bartender dalam menyajikan segelas bir yang sempurna. Peran bartender sangat penting untuk memastikan bir dengan kualitas terbaik sampai ke tangan konsumen.

Selama lebih dari 150 tahun, selain memperhatikan kualitas bir, Heineken juga memperhatikan kualitas bartender yang menyajikannya. “Kualitas adalah hal yang terbaik dalam bisnis. Inilah yang mendasari kami mengadakan ajang pencarian Heineken Global Bartender Competition 2018,” kata Mariska van Drooge, Marketing Director PT Multi Bintang Indonesia Niaga, di acara babak final Heineken Global Bartender Competition 2018, Jakarta (08/05).

Star Serve, Metode penyajian bir

Dalam ajang ini, peserta bartender menunjukan bakat mereka dalam melakukan Heineken Star Serve. Star Serve merupakan metode penyajian bir dengan di mana dalam menyajikan draught beer, setiap bartender harus melakukan beberapa teknik penting seperti Rinse, selanjutnya ada Pour yang merupakan teknik menuangkan bir dengan posisi kemiringan gelas 45 derajat. Kemudian ada Skim, yaitu teknik meratakan busa pada bir, lalu ada Check, teknik ini untuk memastikan tinggi busa berada pada bahu logo bintang merah Heineken. Dan yang terakhir adalah Serve, teknik penyajian ke konsumen.

Tidak mudah bagi bartender menyajikan segelas bir kepada konsumen. Diperlukan  passion, keahlian dan kualitas untuk menyajikan segelas bir yang sempurna.

Reward Pemenang Heineken Global Bartender Competition 2018

Fauzi dari Foreplay outlet, Surabaya di acara babak final Heineken Global Bartender Competition 2018, di Jakarta (08/05). Foto: dok. Heineken
Fauzi dari Foreplay outlet, Surabaya di acara babak final Heineken Global Bartender Competition 2018, di Jakarta (08/05). Foto: dok. Heineken

Fauzi dari Outlet Foreplay Surabaya menjadi penenang ajang Heineken Global Bartender Competition 2018, dengan menyisihkan 36 peserta lainnya di babak final di Jakarta. Fauzi berhasil mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia dan berkesempatan menjadi Heineken Official Ambassador Worldwide. Selain itu, ia juga mendapatkan dua tiket nonton Formula 1.

Dengan ajang ini, Heineken memberikan dukungan dan kesempatan kepada  bartender Indonesia untuk terus unjuk diri di panggung dunia. Sebagai wakil dari Indonesia, Fauzi kembali akan bersaing dengan  bartender-bartender lain dari berbagai Negara di Amsterdam, Belanda.