Beri pinjaman dana tanpa bunga, GandengTangan ingin berkontribusi membantu para wirausahawan sosial dan UMKM, sekaligus turut menuntaskan masalah kemiskinan.

Sejak berdiri pada Maret 2015 lalu, GandengTangan.org hadir menawarkan platform-nya sebagai wadah untuk memudahkan wirausaha sosial (social enterprise), mendapatkan dana usahanya. Selama ini kita tahu, permasalahan yang kerap membelit wirausaha sosial adalah keterbatasan dana, untuk mendukung bisnisnya tetap sustainable.

Di sini GandengTangan muncul sebagai situs crowdlending atau pinjaman dana untuk usaha. Lewat GandengTangan, masyarakat bisa meminjam dana, tanpa dikenai bunga sama sekali. Situs ini melibatkan gotong-royong publik yang tulus membantu, dan mempertemukannya dengan para wirausahawan sosial dan Usaha Kecil Menengah dan Mikro (UMKM).

Belum lama berlalu, tepatnya Sabtu (28/5/2016) lalu, GandengTangan meluncurkan GandengTangan.org 2.0. GandengTangan 2.0 merupakan pengembangan dari versi sebelumnya.

Versi yang terbaru ini akan diarahkan untuk memperluas manfaat bagi UMKM di Indonesia. “Fokus kami adalah upaya penuntasan masalah kemiskinan, dan UMKM memiliki peran besar dalam penuntasan masalah sosial,” kata Jezzie Setiawan, CEO GandengTangan.org.

Dituturkan Jezzie, hingga kini GandengTangan telah berhasil menghimpun dana pinjaman hingga mencapai Rp 300 juta. Telah ada terlibat 600 pendana indvidu, 12 unit usaha yang terdanait, dan sekitar 3.320 orang yang menerima manfaat, tersebar mulai dari Tangerang, Jakarta, Kutai-Kartanegara, hingga Nusa Tenggara Timur (NTT).

Hadirkan fitur baru

GandengTangan.org 2.0 ini membawa beberapa fitur, di antaranya kanal interaksi antara pendana dengan peminjam, riwayat transaksi, dan laporan usaha lebih terperinci. Ini untuk memunculkan prinsip transparansi, dalam pemberian dan penggunaan dana oleh pemilik usaha.

Selain fitur tersebut, ada juga fitur lainnya, yaitu Host Event dan Kampanye Versi Kamu, sebagai wujud aksi gotong royong untuk membantu UMKM dan wirausahawan sosial. Selain membantu UMKM dan wirausahawan sosial, masyarakat yang tertarik dan memiliki program pun, bisa juga melakukan penggalangan dana pinjaman bagi usaha di GandengTangan.org.

Pada acara itu, selain memperkenalkan GandengTangan.org 2.0, diperkenalkan juga beberapa UMKM yang tergabung dalam GandengTangan.org. Di antaranya, Desy Catering, Sorgum Mama Tata, dan Pioneer Tahu-Tempe Organik. (AP/DI)