Ternyata Penggunaan Gadget Secara Berlebihan Dapat Pengaruhi Kesehatan Mental Anak, Kok Bisa?


ZONA PRIANGAN – Waktu layar (screen time) yang berlebihan kini harus menjadi perhatian utama kita khususnya untuk anak-anak di zaman sekarang.

Karena bagi anak-anak zaman sekarang, layar telah menjadi bagian yang sangat penting dari kehidupan mereka, terlebih kita juga yang senantiasa melihat layar gadget kita.

Pertama, kita harus memahami apa yang dimaksud dengan screen time atau waktu layar?

Baca Juga: Ilmuwan Menemukan Metode Pengisian Gadget dengan Mengetuk Tubuh Manusia sebagai Media Transmisi Daya Nirkabel

Dikutip Zonapriangan.com dari NDTV, waktu layar adalah total waktu yang dihabiskan per hari untuk melihat layar seperti ponsel, televisi, komputer, tablet, atau perangkat genggam atau visual apa pun.

Sama seperti makanan seimbang yang kita konsumsi, layar harus dipilih dengan benar dan digunakan dalam jumlah yang tepat dan pada waktu yang tepat.

Waktu layar bisa sehat atau tidak sehat berdasarkan cara kita menggunakannya. Waktu yang dihabiskan di depan layar untuk pendidikan, kegiatan prososial seperti tugas sekolah, berinteraksi dengan teman dan kerabat adalah cara yang sehat.

Baca Juga: Juru Bicara Kremlin: Kamila Kamu Orang Rusia, Jangan Sembunyi, Kalahkan Semua Orang

Saat menonton acara televisi yang tidak pantas, mengunjungi situs web yang tidak aman, bermain video game kekerasan yang tidak pantas adalah beberapa contoh waktu layar yang tidak sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.