Suara Mantap, Fitur Lengkap dan Tahan Air • Jagat Gadget


Jabra kembali meluncurkan TWS terbaru mereka untuk pasar Indonesia yaitu Jabra Elite 4 Active. Sesuai namanya, TWS ini ditujukan untuk pengguna yang mencari TWS multifungsi untuk sehari-hari yang bahkan dapat digunakan untuk berolahraga sekalipun.

Review Jabra Elite 4 Active

Ketahanannya terhadap debu dan air memang membuat TWS ini siap untuk berbagai aktivitas di luar ruangan termasuk olahraga. TWS ini juga dilengkapi fitur ANC dan dukungan Codec aptX yang membuatnya terasa istimewa.

Nah langsung saja kita simak review TWS Jabra Elite 4 Active berikut ini:

Paket Penjualan

Pembelian Jabra Elite 4 Active akan mendapatkan:

  • Charging Case
  • Dua unit Earphone
  • Tiga pasang Eartips tipe silikon
  • Kabel USB Type A to Type C untuk pengisian ulang

Desain dan Spesifikasi

Ini adalah IEM tipe True Wireless Stereo jadi tidak ada kabelnya dan unit kanan-kiri terpisah. Unit TWS menggunakan Nozzle tipe In Ear yang dipasang masuk ke lubang telinga. Ukuran unit TWS-nya tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil, pas untuk telinga orang pada umumnya.

Review Jabra Elite 4 Active

Sementara Charging Case-nya punya ukuran cukup mungil walaupun agak sedikit tebal. Bentuknya kotak dengan sisi samping kanan-kiri membulat sementara sisi atas dan bawahnya mendatar.Port USB-C nya ada pada sisi belakang. Saat dibuka, lampu indikator warna hijau pada unit TWS dan Charging Case akan menyala.

Baca Juga: Review Sony WF-1000XM4: Karakter Bisa Diatur, Fitur Berlimpah • Jagat Gadget (jagatreview.com)

Jabra Elite 4 Active tersedia dalam tiga pilihan warna yaitu Navy (unit yang kami uji), Black dan Mint. Bodi unit TWS dan Charging Case menggunakan Matte Finish sehingga tidak mudah meninggalkan bekas sidik jari dan tidak licin saat dipegang.

Review Jabra Elite 4 Active

Bobotnya ringan yaitu hanya 5gram untuk masing-masing unit. kami sendiri nyaris tidak merasakan keberadaan TWS ini karena tidak membebani lubang telinga. Total bobot keseluruhan termasuk charging case yaitu hanya 47.5 Gram.

Konektvitasnya sudah sangat kekinian yaitu dengan Bluetooth 5.2. Untuk Codec Support yang tersedia yaitu SBC dan aptX. Cukup mengherankan ternyata TWS ini tidak mendukung Codec AAC.

Saat kami coba di Smartphone Samsung Galaxy S20 Ultra maupun ASUS ROG Phone 3, Codec AAC memang tidak dapat kami pilih di menu Developer Option. Tapi ini tidak menjadi masalah mengingat Codec aptX menawarkan tingkat Bitrate yang lebih baik dibandingkan AAC.

Sayangnya ini membuat Smartphone yang tidak mendukung Codec aptX akan terkunci di SBC seperti kami temukan di perangkat yang menggunakan SoC Mediatek. SoC Exynos tidak memiliki kendala ini.

TWS ini juga dilengkapi fitur Mono Mode dimana pengguna dapat menggunakan salah satunya saja sementara satu unit lainnya disimpan di dalam Charging Case. Cocok digunakan sebagai pengganti Handsfree untuk menerima maupun melakukan panggilan telepon

Jabra Elite 4 Active menggunakan Driver dengan ukuran 6mm. Respon Frekuensi Driver yaitu 20 Hz – 20.000 Hz.

Fitur-Fitur

TWS ini dilengkapi teknologi Active Noise Cancellation yang mengandalkan empat buah mikrofon (dua di masing-masing TWS) untuk mendeteksi kebisingan dari luar.

Pada Jabra Elite 4 Active, fitur ini disebut HearThrough. Fitur ini memungkinkan kita mendengarkan suara di sekeliling tanpa perlu melepas TWS. Membuat TWS ini relatif aman dipakai, meski sedang berjalan atau beraktivitas di tempat ramai.

Review Jabra Elite 4 Active

Menariknya, pengguna dapat mengatur tingkat volume dari fitur ini. Bisa lebih sedikit lebih kencang dari suara aslinya atau lebih rendah. Sementara kualitas suara yang di dengar masih terasa mirip seperti mendengar secara langsung

Mikrofon yang tersedia sudah menggunakan teknologi Beamforming. Ini membuatnya bisa fokus menangkap suara dari mulut kita saja.

Review Jabra Elite 4 Active

TWS ini juga dilengkapi dengan seritifikasi IP57, namun untuk unit TWSnya saja, bukan pada charging Case. Ini tetap menarik, karena standar IP Rating belum tentu dimiliki TWS dengan merk ternama sekalipun.

Review Jabra Elite 4 Active

Ini berarti TWS ini tidak hanya tahan terhadap debu tetapi juga tenggelam di air dengan kedalaman hingga satu meter. Tapi kami tidak menyarankan TWS ini dipakai saat berenang. Jadi TWS ini tetap aman walaupun dipakai saat kehujanan ataupun berkeringat saat berolahraga.

Leave a Reply

Your email address will not be published.