Lihat Harga Radio Jadul Tahun 1970, Netizen: Mewah pada Zamannya


Iklan radio jadul 1970. (Facebook/ Perpustakaan Nasional)

Hitekno.com – Peralatan elektronik seperti TV dan radio pernah menjadi produk yang sangat mewah pada puluhan tahun lalu. Sebuah iklan lawas yang menampakkan harga radio jadul ini berhasil memancing perhatian netizen.

Akun Facebook Perpustakaan Nasional RI membagikan sebuah iklan yang pernah dimuat pada salah satu surat kabar di tahun 1970.

Cukup menarik, harga radio jadul tersebut dibanderol Rp 13.900. Itu adalah harga diskon di mana banderol normalnya adalah Rp 15.700.

Berikut ini adalah iklan produk radio dengan model I6 RL 376 merek Philips yang dibanderol dengan harga Rp. 13.900.- pada tahun 1970,” tulis akun Facebook Perpustakaan Nasional.

Kita bisa melihat sebuah radio dengan bodi cukup tebal dan tombol berukuran besar. Terdapat pula bagian khusus yang membuat radio itu bisa ditenteng ke mana saja.

Iklan radio jadul 1970. (Facebook/ Perpustakaan Nasional)
Iklan radio jadul 1970. (Facebook/ Perpustakaan Nasional)

Berita Dhasjat! untuk jang ini. Radio Philips jang mewah dengan tiga daerah gelombang jang sempurna. Type I6 RL 376 ini mampunjai antena rangka jang memungkinkan penerimaan jang bersih dan tjermat dengan reproduksi suara luar biasa,” bunyi keterangan di dalam iklan.

Kita bisa melihat bahwa iklan masih menggunakan ejaan lawas. Perlu diketahui, Ejaan yang Disempurnakan atau EYD baru berlaku pada Mei 1972. Beberapa foto jadul sebelumnya memang menampakkan orang yang begitu bangga berpose di dekat radio.

Kemungkinan saat itu radio menjadi barang yang mahal di mana pemiliknya cukup jarang. Banyak radio jadul yang masih mengandalkan gelombang frekuensi MW dan SW.

Iklan radio jadul 1970. (Facebook/ Perpustakaan Nasional)
Iklan radio jadul 1970. (Facebook/ Perpustakaan Nasional)

Beberapa merek juga pernah terekam dalam foto jadul seperti radio Anamatic, Telesonic, Panasonic R3000, hingga Toshiba 4 Band. Postingan iklan mengenai radio jadul di tahun 1970-an ini memancing beragam komentar dari netizen.

Ingat dulu kalau main ke rumah kakek, suka dengerin sandiwara radio Tutur Tinular pakai radio Philip,” kenang Ba**ar**din.

Tahun segitu belum ada FM dan AM, masih SW dan MW,” komentar Kris**nda R**owo.

Benar-benar mewah pada zamannya. Rp 13.900 mungkin sudah bisa buat acara kenduri di zaman sekarang,” balas Wil**n Na**’i.

Foto radio jadul. (Facebook/ Rochmania via Indonesia Tempoe Doeloe)
Foto radio jadul di tahun 1970-an. (Facebook/ Rochmania via Indonesia Tempoe Doeloe)

Harga yang mahal di zaman itu,” tulis K**may**i.

Dulu dengar radio bisa se-RT bejibun,” pendapat A**an**a. Itulah tadi harga radio jadul di tahun 1970 yang menarik perhatian netizen, bagaimana pendapat kalian?

Leave a Reply

Your email address will not be published.