Kacau! Penduduk 20 Negara Ini Kecanduan Smartphone, Ada RI?


Jakarta, CNBC Indonesia – Sebuah penelitian di McGill University Kanada merilis lebih dari 20 negara yang penduduknya kecanduan smartphone. Diantara negara tersebut, Indonesia tak masuk dalam daftar.

Penelitian itu mengenai penggunaan smartphone pada hampir 35 ribu orang di 24 negara seluruh dunia dari tahun 2014 hingga 2020. Hasilnya penduduk China menempati urutan pertama untuk kecanduan ponsel, dikutip dari GizChina, Rabu (16/2/2022).

Pada urutan kedua ada Arab Saudi dengan sekitar 21 pengguna smartphone. Merek yang populer di negara tersebut adalah Apple, Huawei, dan Samsung.

Sementara itu, di Asia Tenggara hanya ada satu negara yang masuk dalam daftar yaitu Malaysia dalam urutan ketiga. Negara ini memiliki penambahan smartphone yang tinggi, dengan sebagian besar pengguna memilih ponsel Android khususnya Samsung dan Huawei. Apple juga punya basis pengguna yang baik di wilayah tersebut.

Sementara negara besar seperti Kanada berada di peringkat tujuh, Jepang urutan ke-15, Amerika Serikat (AS) ke-18 dan Jerman ke-24.

Hanya ada dua negara yang masuk dalam daftar penelitian tersebut. Mesir berada di urutan ke-9 dan Nigeria pada peringkat ke-20.

Studi meneliti subyek penelitian orang dewasa muda dengan usia rata-rata 28,8 tahun. Sementara itu 60% peserta merupakan wanita.

Pemilihan periode 2014-2020 adalah karena masalah pengguna smartphone di seluruh dunia menjadi lebih serius. Namun tren tidak akan berakhir dalam waktu dekat.

Menurut para peneliti, skor yang berbeda berasal dari norma sosial dan ekspektasi budaya. Banyak dari pengguna punya kebutuhan mendapatkan motivasi yang berasal dari gadget. Selain itu ada banyak bisnis dan pekerjaan para pengguna yang juga terkait atau berhubungan dengan smartphone.

Berikut 24 negara dalam studi tersebut:

  1. China
  2. Arab Saudi
  3. Malaysia
  4. Brazil
  5. Korea Selatan
  6. Iran
  7. Kanada
  8. Turki
  9. Mesir
  10. Nepal
  11. Italia
  12. Australia
  13. Israel
  14. Serbia
  15. Jepang
  16. Inggris
  17. India
  18. Amerika Serikat
  19. Romania
  20. Nigeria
  21. Belgia
  22. Swiss
  23. Perancis
  24. Jerman.

[Gambas:Video CNBC]

(npb/roy)



Leave a Reply

Your email address will not be published.