Chipset Unggulan Snapdragon 8 Gen 2 Mendatang dari Qualcomm Dikabarkan akan Kembali Menggunakan Fabrikasi TSMC


BERITA SUBANG – Qualcomm terakhir menggunakan jasa fabrikasi TSMC, produsen chipset terbesar asal Taiwan, untuk chipset unggulan tahun 2020 mereka yaitu Snapdragon 865 dan Snapdragon 865 Plus yang dapat ditemukan di smartphone unggulan seperti Xiaomi Mi 10 dan Samsung Galaxy S20.

Pembocor ternama dengan nama Ice Universe melalui cuitan di akun Twitter miliknya dalam Berita Gadget Terkini mengungkapkan bahwa prosesor andalan Qualcomm pada paruh kedua tahun ini dan tahun depan akan diproduksi oleh TSMC.

Ini berarti bahwa Qualcomm mengubah pengecorannya setelah menggunakan jasa Samsung untuk chipset Snapdragon 8 Gen 1. Menurut penamaan baru dari Qualcomm, chipset andalan Qualcomm untuk penggunaan komersial pada paruh kedua tahun ini kemungkinan adalah Snapdragon 8 Gen 1 Plus.

Sedangkan, chipset andalan tahun depan diyakini akan dinamakan Snapdragon 8 Gen 2. Jika laporan terbaru ini dapat menjadi kenyataan, kedua chipset ini akan kembali menggunakan proses manufaktur TSMC.

Perlu menjadi catatan bahwa chipset unggulan Qualcomm Snapdragon 888, serta versi Snapdragon 888 Plus, dan Snapdragon 8 Gen 1 menggunakan fabrikasi Samsung LSI yang kemungkinan dilakukan Qualcomm mengingat kekurangan pasokan yang saat ini terjadi.

Sebelumnya, orang dalam industri mengklaim bahwa tingkat hasil pengecoran TSMC lebih tinggi daripada Samsung. Mengambil contoh Snapdragon 8 Gen 1 Plus, mulai dari kuartal ketiga, Snapdragon 8 Gen 1 Plus telah menghasilkan lebih dari 50.000 buah per kuartal.

Tingkat hasil saat ini sekarang melebihi 70 persen, menandakan angka ini jauh lebih tinggi daripada Snapdragon 8 Gen 1 yang diproduksi oleh Samsung. Ini adalah salah satu alasan mengapa Qualcomm ingin chipset unggulan Snapdragon 8 Gen 2 mendatang untuk menggunakan proses TSMC.

Dengan demikian, chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1 Plus dan Snapdragon 8 Gen 2 sekarang akan masuk ke pengecoran TSMC. Namun, hasil yang rendah mungkin bukan satu-satunya alasan mengapa Snapdragon 8 Gen 2 pergi ke TSMC.

Ada juga klaim bahwa proses TSMC lebih hemat energi daripada Samsung. Snapdragon 8 Gen 1 dapat menjadi contoh, di mana pesaingnya adalah Dimensity 9000 dari MediaTek yang menggunakan proses fabrikasi 4nm dari TSMC.

Leave a Reply

Your email address will not be published.