Jika kamu pernah mempertimbangkan untuk menjadi seorang freelancer sebagai profesimu, mungkin saat ini waktu yang tepat untuk kamu memulainya.

Jika mungkin dulu freelance adalah yang seseorang lakukan ketika sulit menemukan pekerjaan tetap, maka sekarang ini freelance adalah tren dan pilihan profesi yang menjanjikan. Berikut ini tiga alasan mengapa menjadi freelancer bisa jadi profesi yang tepat untuk kamu pilih saat ini.

1. Akses Internet Lebih Mudah dari Sebelumnya

Kehadiran internet beberapa tahun terakhir ini sangatlah membantu semua bidang pekerjaan. Hal ini tentu saja membantu para freelancer untuk bertahan dan bahkan berkembang berkat adanya internet. Mereka dapat melakukan pekerjaan di mana dan kapan saja tanpa terbatas ruang dan waktu.

Internet juga telah mempermudah kita untuk memiliki jaringan yang lebih luas untuk memasarkan keahlian. Freelancer tidak hanya bisa mendapatkan klien dari dalam negeri, tapi juga klien dari luar negeri. Karena berkat internet mereka bisa memiliki jangkauan klien yang lebih luas lagi.

2. Penghasilan Tinggi

Menurut sebuah survei yang dilakukan freelancing website Upwork dan organisasi non-profit Freelancers Union yang berbasis di New York, sebagian besar freelancer mengklaim bahwa mereka menghasilkan lebih banyak uang daripada yang mereka dapatkan pada pekerjaan tetap mereka sebelumnya.

Penghasilan tinggi ini bisa didapat juga karena tidak adanya batasan pekerjaan atau klien yang kita terima. Semakin banyak proyek yang dikerjakan dan klien yang bekerja sama dengan kita, maka semakin banyak juga uang yang akan kita dapatkan.

Next: Pergeseran Pasar