Sinopsis Film The Matrix Bioskop Trans TV: Misi Pembebasan Manusia


tirto.id – Film The Matrix (1999) akan hadir dalam Program Bioskop Trans TV Sabtu, 12 Maret 2022. Jika tidak ada perubahan jadwal, film ini akan tayang pukul 23.30 WIB.

The Matrix ditayangkan secara perdana di Mann Village Theater pada 24 Maret 1999, dirilis di Amerika Serikat pada 31 Maret 1999, dan di Australia pada 8 April 1999.

Film ini berada di bawah naungan rumah produksi dari Warner Bros Entertainment, Village Roadshow Pictures, Groucho II Film Partership, dan Silver Pictures.

Sinema yang bergenre fiksi ilmiah ini dibintangi oleh Keanu Reeves, Laurence Fishburne, Carrie-Anne Moss, Hugo Weaving, Joe Pantoliano, Marcus Chong, Anthony Ray Parker, Julian Arahanga, Robert Taylor, Ada Nicodemou, Paul Goddard, Matt Doran, Gloria Foster, dan Belinda McClory.

Lana Wachowski dan Lily Wachowski dalam film ini berperan sebagai sutradara sekaligus penulis naskah skenarionya.

Sinema yang berdurasi 2 jam 16 menit ini merupakan awal dari sekuel The Matrix selanjutnya. Seri selanjutnya dari film ini adalah The Matrix Reloaded (2003), The Matrrix Revolutions (2003), dan The Matrix Ressurrections (2021).

Film ini mengisahkan tentang dunia distopia dalam program komputer atau saat ini biasa disebut dengan teknologi metaverse, pemikiran manusia hidup di dalamnya dengan berbagai ilusi semu.

Film The Matrix (1999) berhasil memenangkan 4 piala Oscar dan mendapatkan total 51 nominasi penghargaan lainnya.

Beberapa penghargan tersebut di antaranya pada ajang penghargaan Academy Awards dengan kategori Best Film Editing, Best Sound, Best Sound Effect Editing, dan Best Visual Effects.

Kemudian pada ajang penghargaan British Academy Awards dengan kategori Best Sound dan Best Special Visual Effects.

Dikutip dari situs film IMDb, The Matrix (1999) mendapatkan rating yang tinggi mencapai 8.7 dari 10 poin berdasarkan lebih dari 1,8 juta suara. Sementara itu, film ini juga berhasil mendapatkan rating yang sangat tinggi berada pada skor 88 persen dari kritikus dan 85 persen dari audiens Rotten Toematoes.

Seperti yang dilansir dari Box Office Mojo, The Matrix berhasil memperoleh pendapatan global yang fantastis yakni mencapai lebih dari 467 juta dolar AS dari total anggaran 63 juta dolar AS.


Sinopsis Film The Matrix (1999)

Kisahnya bermula ketika seorang peretas bernama Thomas Anderson (Keanu Reeves) yang memiliki nama samaran Neo tiba-tiba menerima pesan aneh di monitor komputernya, pesan tersebut bertuliskan “The Matrix”.

Neo pun mencari tahu alasan di balik pesan yang diterimanya. Kemudian, ia mendatangi sebuah bar dan bertemu dengan Trinity (Carrie-Anne Moss).

Trinity mengatakan bahwa terdapat pria bernama Morpheus (Laurence Fishburne) mengetahui makna pesan yang diterima Neo. Ia juga mengatakan kalau Neo sedang dalam bahaya.

Merasa bingung dengan informasi yang disampaikan oleh Trinity, Neo pun kembali ke tempat kerjanya. Namun, tiba-tiba ia diburu oleh tim Agen dan polisi yang dipimpin oleh Agen Smith (Hugo Weaving). Mereka memaksa Neo untuk mencari Morpheus yang diklaim sebagai pemberontak.

Neo masih tidak paham dengan apa yang terjadi, hingga akhirnya ia bertemu dengan Morpheus. Kemudian, Morpheus menawarkan dua pil berwarna biru dan merah kepada Neo.

Pil merah berfungsi untuk mengungkapkan kebenaran tentang Matrix. Sedangkan pil biru dapat membuat Neo lupa akan segala hal yang pernah terjadi dan kembali ke hidup sebelumnya.

Akhirnya Neo memilih untuk meminum pil merah. Setelah meminumnya, Neo terbangun di pod berisi cairan di antara banyak manusia lain. kemudian, ia dibawa oleh Morpheus menggunakan pesawat.

Morpheus menjelaskan situasi yang sebenarnya kepada Neo. Ia mengatakan bahwa pada awal abad ke-21 akan terjadi perang antara manusia dengan mesin yang pintar. The Matrix adalah suatu program komputer yang dapat memanipulasi pikiran manusia ke dalam dunia distopia.

Manusia dan pikirannya akan diperalat untuk hidup di dalam The Matrix, sehingga kehidupan mereka dengan mudah direnggut oleh komputer utama. Neo pun bekerja sama dengan Morpheus untuk membebaskan manusia dari The Matrix.

Lantas, apakah Neo dan Morpheus berhasil melaksanakan misinya tersebut? Saksikan kisah selengkapnya dalam film The Matrix (1999) di Bioskop Trans TV pukul 23.30 WIB.

Leave a Reply

Your email address will not be published.