Ideafest, sebuah festival kreatif yang biasanya digelar di Jakarta, untuk kali pertamanya merambah ke Surabaya. Gelaran Idea-X The NextDev Surabaya dihelat di SSCC Convention Hall dan Grand Atrium Pakuwon Mall Surabaya pada tanggal 27 –  28 April 2018. Mengangkat tema “Shift(Think)?” selain mengadakan konferensi para praktisi kreatif, acara ini juga menghadirkan pameran start-up, Texpo dan Art Space, serta dilengkapi dengan pameran apparel dan aksesoris hasil kerajinan tangan anak muda lokal Indonesia.

“Surabaya memiliki potensi ekonomi kreatif yang sangat besar. Kemunculan para pengusaha muda lokal di berbagai industri kreatif, seperti kuliner dan start up membuat kota Surabaya memiliki masa depan menjadi sentra industri kreatif, setelah Jakarta. Hal inilah yang membuat kami mengangkat tema Shift(Think)? agar para pelaku kreatif di Surabaya dan sekitarnya dapat semakin terinspirasi pentingnya mengubah persepsi pemikiran dalam mengembangkan ekonomi kreatif Indonesia,” jelas Ben Soebiakto selaku Co-Chairman Ideafest.

Total ada 29 sesi yang diisi lebih dari 40 praktisi kreatif tanah air. Para pembicara yang hadir di antaranya Christian Sugiono, Andy F. Noya, Dimas Djayadiningrat, Ika Natassa, Yoris Sebastian, Erastus Radjimin, Billy Boen, Devina Aurel, Bayu Skak, Agung Hapsah, Benazio Putra, dan masih banyak lagi “Acara ini jadi salah satu momentum bagi para pelaku kreatif untuk mendapatkan inspirasi atau sekadar sharing dengan sesama pelaku kreatif lainnya,” ungkap Christian Sugiono selaku Founder of Malesbanget.com.

Acara ini diharapkan dapat mendukung industri kreatif, khususnya dari segi kemunculan ide-ide baru yang bermanfaat bagi perkembangan ekonomi kreatif di Indonesia. (AR)