Semakin hari, aplikasi pesan WhatsApp semakin banyak digunakan oleh para pengguna ponsel pintar. Bagaimana tidak, melalui aplikasi ini, kita dengan mudahnya mengirimkan pesan, mengirimkan file, mengirimkan lokasi, atau bahkan menelepon gratis bermodalkan koneksi internet.

Tak mengherankan, aplikasi yang dimiliki oleh Facebook sejak 2014 silam ini, dikabarkan bahwa kini telah berhasil menembus satu miliar pengguna. WhatsApp mengumumkan pencapaian besarnya itu melalui blog mereka beberapa waktu lalu, Senin (1/2).

WhatsApp memang sudah mencapai angka lebih dari 400 juta pengguna dua tahun lalu, dan 700 juta pengguna tahun lalu. Ternyata, angka ini terus menanjak hingga kini menembus satu miliar pengguna.

Statistik pengguna aktif WhatsApp (Dok. Statista)
Statistik pengguna aktif WhatsApp (Dok. Statista)

Hebatnya, pencapaian ini berhasil didapat WhatsApp dengan timnya yang terhitung kecil. Jan Koum, Co-Founder WhatsApp, mengumumkan melalui Facebook miliknya bahwa tim kecil WhatsApp hanya memiliki 57 engineers. Mereka bertanggung jawab memantau sistem yang mengirimkan 42 miliar pesan setiap harinya. Di samping itu, 250 miliar video juga tercatat dikirimkan melalui WhatsApp dalam sehari.

Angka ini diperkirakan akan terus membesar. Mengingat, Koum dan timnya memutuskan untuk menghentikan layanan WhatsApp yang harus dibayarkan sebesar 0.99 dolar Amerika setiap tahunnya, dan membuat WhatsApp dapat dinikmati secara gratis sepenuhnya oleh pengguna. WhatsApp juga dikabarkan akan mulai mengembangkan fitur-fitur untuk bisnis.

Mengungguli Facebook Messenger dan WeChat

Pencapaian WhatsApp membuatnya mengungguli aplikasi-aplikasi pesan ternama lainnya. WhatsApp tercatat mengungguli QQ Messenger yang memiliki 860 juta pengguna. Tak hanya itu, WhatsApp juga mengungguli Facebook Messenger yang memiliki 800 juta pengguna dan WeChat yang memiliki 650 juta pengguna.

Padahal, WeChat terhitung sangat banyak dipakai di Tiongkok. Sementara itu, Line banyak dipakai di Jepang dan Kakao Talk banyak dipakai di Korea Selatan. Namun, WhatsApp ternyata merupakan aplikasi pesan paling sukses di dunia.

Mendahului Gmail

Pencapaian WhatsApp ini terbilang fenomenal. WhatsApp mampu menembus angka satu miliar pengguna hanya setelah tujuh tahun diluncurkan. Padahal, Gmail, layanan surel milik Google, butuh waktu sebelas tahun untuk menembus angka tersebut. Facebook Messenger yang sudah berumur delapan tahun pun saat ini baru mencapai angka 800 juta pengguna. (ADP)