PPKM Level 3, Wisata di Jogja dan Sekitarnya Tetap Buka Terbatas


Jogja – Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) telah resmi berlaku Level 3. Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X pun telah menerbitkan Instruksi Gubernur (Ingub) No 5 Tahun 2022 yang mengatur kegiatan masyarakatnya. Lalu bagaimana dengan pariwisata di DIY?

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) DIY Singgih Raharjo menjelaskan, sesuai dengan Ingub, pariwisata yang masuk sektor nonesensial tetap diperbolehkan buka. Tapi, terkena pembatasan sesuai status PPKM Level 3, pengunjung dibatasi 25 persen.

“Sektor pariwisata dipersilakan tetap buka dengan kapasitas 25 persen. Harus diikuti implementasi prokes, penegakan QR Code PeduliLindungi,” kata Singgih, saat diwawancarai wartawan di Kompleks Kepatihan, Kantor Gubernur DIY, Selasa (8/2/2022).

Singih menambahkan untuk sektor industri hotel, diberikan keleluasaan. Penopang industri pariwisata itu terkena pembatasan 50 persen.

“Untuk industri perhotelan kapasitas maksimal kunjungan adalah 50 persen dari daya tampung,” jelasnya.

Khusus sektor wisata, lanjut Singgih, pihaknya sudah meminta kepada industri wisata maupun pelaku wisata di DIY untuk meningkatkan kewaspadaan menghadapi penularan COVID-19.

“Kami telah meminta peningkatan kewaspadaan, kepada industri pariwisata dan pelaku wisata. Yaitu dengan mengefektifkan dan mengaktifkan Satgas di masing-masing tempat wisata untuk memperketat lagi penerapan protokol kesehatan terutama scan barcode,” imbuhnya.

Singgih mengatakan sejak awal 2022, sektor wisata di DIY termasuk stabil. Jika biasanya pada awal tahun sepi, tapi sejak Januari kunjungan wisatawan ke DIY stabil.

“Januari biasanya sepi, tapi kemarin tetap aja ramai. Februari tetap stabil,” jelasnya.

Simak Video “Jogja yang Masih Sepi dari Turis Asing
[Gambas:Video 20detik]
(ams/sip)

Leave a Reply

Your email address will not be published.