Pasukan Rusia Menembak dari Segala Sisi, Api Makin Membara di PLTN Zaporizhia


Kiev

Pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) Zaporizhia di Ukraina terbakar. Api makin membara karena petugas pemadam kebakaran tak bisa mendekat akibat tembakan dari pasukan Rusia di segala sisi.

Dilansir dari CNN, Jumat (4/3/2022), petugas pemadam kebakaran tidak dapat mencapai api di pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhia. Hal itu disampaikan wali Kota Energodar yang dekat dengan lokasi PLTN, Dmytro Orlov.

“Pembangkit Listrik Zaporizhia memberitahukan adanya ancaman di blok pertama pembangkit listrik! Kebakaran di pabrik terus berlanjut. Petugas pemadam kebakaran tidak bisa mencapai lokasi kebakaran,” ujar Orlov.

Dia mengatakan ada pertempuran sengit di lokasi menuju PLTN tersebut. Menurutnya, ada korban yang berjatuhan akibat pertempuran pasukan Ukraina dengan militer Rusia.

“Pertempuran sengit sedang berlangsung di rute pendekatan ke pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhia. Pejuang Garda Nasional kami bertahan. Ada korban, tetapi jumlah dan kondisi pastinya sejauh ini tidak dapat ditentukan dalam situasi tersebut. “

Menteri Luar Negeri Ukraina mengatakan tentara Rusia ‘menembak dari semua sisi’ di pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhia. Dia meminta pasukan Rusia berhenti melakukan serangan agar petugas pemadam kebakaran bisa masuk.

“Tentara Rusia menembak dari semua sisi ke pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhia, pembangkit listrik tenaga nuklir terbesar di Eropa,” ujar Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba .

“Rusia harus Segera menghentikan tembakan, mengizinkan petugas pemadam kebakaran, membangun zona keamanan!” ucapnya.

Simak video ‘Sanksi Baru, Kanada Hapus Rusia-Belarusia Jadi Mitra Dagang’:

[Gambas:Video 20detik]

(haf/haf)

Leave a Reply

Your email address will not be published.