Ini Alasan yang Bikin Anak Muda Mencoba Kripto

Ini Alasan yang Bikin Anak Muda Mencoba Kripto

Investasi kripto menjadi tren di kalangan anak muda. Investasi kripto viral dan banyak dicoba oleh kaum milenial. Investasi identik dengan mereka yang sudah memiliki penghasilan dan uang dingin. Sebetulnya apa alasan generasi muda antusias terhadap investasi kripto?

Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga memberikan alasan mengapa anak muda gandrung kripto. Jerry bilang alasan pertama adalah tidak ada batasan transaksi. Aktivitas blockchain, kata Jerry, bisa dilakukan di mana saja. Tidak harus di Indonesia, bahkan bisa dilakukan di luar negeri.

Alasan kedua, sambung Jerry, tidak ada batasan waktu. Aktivitas transaksi aset Kripto bisa dilakukan 24 jam. Berbeda dengan aktivitas jual beli saham yang menyesuaikan jam operasional pasar saham. Sehingga investor atau pelaku memiliki batasan waktu dalam bertransaksi.

Banyaknya selebriti, tokoh, influencer yang membagikan aktivitas transaksi kripto jadi alasan berikutnya. Anak muda melihat seru aktivitas tersebut di media sosial. Saking seringnya melihat, lama kelamaan mereka tertarik dan ingin mengikuti. Mereka juga ingin mendapatkan keuntungan sama sama seperti para influencer.

Selebriti dan influencer, menurut Jerry, punya pengaruh besar bagi para milenial. Selain itu, mudah dan cepatnya aktivitas jual beli juga menjadi alasan tersendiri. Itulah yang membuat banyak anak muda suka dan antusias bertransaksi kripto. Mereka ingin cepat dan mendapatkan hasil yang maksimal.

Pelanggan aset kripto meningkat taja. Pada Januari 2022, tercatat 11,2 juta pelanggan. Angka tersebut didominasi anak muda dengan rentang usia 20-30 tahun. Jumlah ini berpotensi bertambah, seiring semakin banyaknya yang mengunggah aktivitas mereka di media sosial.

Badan Pengawasan Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan melakukan pengawasan ketat terhadap transaksi Kripto. Setiap aset kripto yang diperdagangkan harus terdaftar di Bappebti.

Ada 229 jenis aset kripto yang terdaftar resmi di Bappebti. Aset tersebutlah yang bisa diperjualbelikan di pasar fisik aset Kripto. Pedagang hanya bisa menjualbelikan aset kripto tersebut. Untuk yang belum terdaftar tidak bisa diperjualbelikan di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.