5 Negara Teraman buat Sembunyi kalau Perang Dunia 3, RI Masuk?


Jakarta

Beberapa konflik dan krisis negara di dunia, bisa saja memicu terjadinya Perang Dunia ke-3 (World War III). Misalnya, krisis antara Rusia dan Ukraina yang melibatkan Amerika Serikat (AS) dan NATO, sehingga membuat situasi geopolitik dunia akan semakin tegang dan memanas. Hal itu tentunya akan berpotensi memberikan imbas buruk berbagai negara-negara di dunia

Namun, di sisi lain ada juga beberapa negara netral yang aman, sehingga bisa menjadi tempat yang paling cocok dan tepat untuk bersembunyi, jika terjadi PD 3 terjadi.

Berdasarkan Global People Index (GPI) yang diterbitkan The Institute for Economics and Peace, data terbaru daftar negara paling aman dan damai di dunia 2021 disusun dengan mengacu pada Indeks Kedamaian Global atau Global Peace Index (GPI) pada akhir tahun 2021 lalu.

GPI adalah laporan yang berisikan data ukuran perdamaian global yang terkemuka di dunia. GPI diukur berdasarkan 3 parameter utama, yakni keselamatan dan keamanan masyarakat, keberadaan konflik yang berkelanjutan, dan militerisasi.

Laporan tersebut akan menyajikan analisis dari data yang paling komprehensif, hingga saat ini tentang tren perdamaian, nilai ekonomi, hingga cara untuk mengembangkan masyarakat yang damai.

Berikut adalah daftar negara teraman yang bisa dijadikan tempat yang aman untuk bersembunyi apabila Perang Dunia ke-3 terjadi:

1. Islandia

Islandia tetap masuk menjadi negara paling damai di dunia, hal ini yang telah dipegangnya sejak 2008. Berhasilnya Islandia mempertahankan pencapaianya tersebut, salah satunya adalah rendahnya angka kejahatan disana dan negara ini juga memiliki indeks hak asasi manusia (HAM) nomor 1 di dunia, khusunya dalam hal kesetaraan gender.

Selain itu, negara bagian benua Eropa ini juga dianggap cocok sebagai tempat persembunyian ketika PD 3 terjadi. Islandia tidak memiliki angkatan bersenjata militer, sehingga tidak dianggap sebagai ancaman.

2. Selandia Baru

Selandia Baru adalah salah satu tempat paling aman selanjutnya. Negara ini dikenal senagai negara mandiri di dunia dalam hal pangan dan pertanian.

Uniknya, di wilayahnya keberadaan satwa liar berbahaya hampir tidak ditemukan. Selain itu, kasus kekerasan hingga terorisme pun sangat jarang terjadi.

3. Kanada

Tetangga Amerika Serikat ini banyak memiliki hamparan gunung, sehingga menjadi pilihan yang cocok untuk bersembunyi. Selain itu, Kanada memiliki persediaan lebih dari 30% air tawar dunia, hal ini membuat wilayahnya menjadi tempat yang tepat untuk dihuni dan bercocok tanam.

Kanada memiliki daratan yang luas, dengan beberapa wilayah yang penduduknya sangat jarang bahkan tidak memiliki populasi. Seperti wilayah Yukon di Barat laut Kanada.

4. Swiss

Swiss telah membangun lebih dari 20.000 bunker nuklir di beberapa lokasi rahasia, di sepanjang rangkaian pegunungan yang dapat menampung lebih dari 114% populasinya dengan aman dari bencana nuklir.

Negara ini justru tidak pernah berada dalam aliansi, sehingga tidak memiliki musuh.Swiss memang dikenal sebagai negara yang sangat indah, dan menjadi incaran para turis untuk berlibur. Bagaimana tidak? negara ini memiliki pegunungan ditambah dan juga berbagai macam etnis sehingga cocok menjadi sebutan negara yang aman.

5. Irlandia

Populasi penduduk Irlandia yang rendah, membuat negara itu diprediksi tidak akan sulit untuk membangun tempat perlindungan bawah tanah. Hebatnya, negara ini juga telah membangun bunker nuklir secara penuh untuk mempertahankan kehidupan untuk jangka waktu yang lebih lama.

Irlandia termasuk dalam negara netral sejak Perang Dunia 1, sehingga menjadi negara yang diprediksi tidak mungkin terkena serangan nuklir jika terjadi Perang Dunia 3.

Nah, itu tadi beberapa daftar negara aman dan damai, yang diprediksi bisa menjadi tempat yang cocok saat terjadinya perang dunia 3. Semoga saja, PD 3 tidak perlu terjadi ya detikers!

Simak juga Video: Kapal Selam Perang Rusia Bergerak ke Selatan Ukraina

[Gambas:Video 20detik]

(fdl/fdl)

Leave a Reply

Your email address will not be published.