Kibar, pengembang ekosistem startup di Indonesia meluncurkan akselerator Digitaraya, hasil kerja samanya dengan Google Developers Launchpad. Google Developers Launchpad adalah bagian dari Google yang mengoperasikan program akselerasi global untuk membantu startup tumbuh dan berkembang.

Sejauh ini Kibar telah menginkubasi sekitar 137 startup di 10 kota di Indonesia.  “Kibar ingin memberdayakan generasi penerus kreator, inovator, dan wirausahawan Indonesia. Indonesia butuh startup-startup baru yang tumbuh dan berkembang menjadi unicorn. Tapi, lebih dari sekadar unicorn, startup-startup ini harus bisa menyelesaikan banyak masalah yang ada di Indonesia,” ujar Yansen Kamto, Chief Executive Kibar.

“Kami ingin startup-startup di Indonesia bisa naik kelas. Karena startup-startup ini selain menyelesaikan masalah-masalah yang ada, juga menyediakan lapangan kerja bagi banyak orang. Kami mencari startup yang punya influence ke ekosistemnya juga, yang bisa menciptakan startup-startup jebat lainnya ke depannya,” ujar Alyssa Maharani, Head of Startup Relation Digitaraya.

Tantangan bagi banyak startup adalah tentang bagaimana membuat produk yang telah direalisasikan dari ide yang ada menjadi sesuatu yang menjawab kebutuhan masyarakat. Program akselerasi Digitaraya akan dimulai dengan membuka pendaftaran dan proses seleksi mulai tanggal 15 Mei dan ditutup pada tanggal 15 Juli 2018.

Setelah itu Digitaraya akan menyeleksi dan memilih 8 startup yang fokus dalam mencapai product-market fit, yakni startup yang produknya memang sesuai dengan kebutuhan pasar. Setiap tahun akan ada dua batch untuk program akselerasi ini.

“Bersama dengan Kibar, kami berharap dapat terus mendukung kesuksesan ekosistem startup Indonesia ke depannya,” ujar Sami Kizilbash, Head of Developer Ecosystem for Southeast Asia, Google.

Startup yang dicari adalah yang memang menyelesaikan masalah, punya pengaruh yang besar, dan para pendiri serta timnya punya sifat kepemimpinan yang baik. Program akselerator ini akan berlangsung selama tiga bulan dimulai dari bulan Agustus sampai Oktober 2018.

Selama program akselerasi tersebut, startup-startup ini akan mendapat mentoring, akses ke investor global, mendapat akses pembelajaran Google dalam menjalankan program startup yang berbasis di Silicon Valley, serta terhubung dengan jaringan Google dan dengan regulator yang relevan.  Program akselerator tersebut akan diakhiri dengan Demo Day pada 1 November 2018.