Fenox VC menggelar kompetisi “Startup World Cup”, dan mengundang startup-startup Indonesia memperebutkan hadiah utama sebesar Rp 14 miliar pada startup terbaik.

Firma penanam modal dari Silicon Valley, Amerika Serikat, Fenox Venture Capital (Fenox VC) akan menggelar kompetisi startup tingkat dunia bernama Startup World CupStartup World Cup akan diadakan di 11 regional, yang meliputi Indonesia, Jepang, India, Taiwan, China, Israel, Australia, Jerman, Chili, dan Amerika Serikat (Boston dan Silicon Valley).

Para pemenang dari setiap regional akan berkompetisi pada grand final yang digelar di Silicon Valley, Amerika Serikat. Selain bertujuan untuk menghubungkan ekosistem startup di dunia, kompetisi ini juga menawarkan hadiah sebesar 1 juta dolar Amerika Serikat atau sekitar Rp 14 miliar pada startup terbaik.

Adapun penerimaan aplikasi telah dibuka sejak 21 Juni 2016 di startupworldcup.io. Setelah melalui proses seleksi, 10 startup terbaik iniakan diundang untuk pitching pada Startup World Cup Indonesia 2016 di hadapan para juri dan berkompetisi untuk mewakili Asia Tenggara pada grand final Startup World Cup 2017.

Para pemenang regional akan diundang ke Silicon Valley, untuk mengikuti program akselerasi, menghadiri konferensi global, dan pitching di hadapan juri serta investor internasional, untuk menentukan pemenang Startup World Cup 2017.

Anis Uzzaman, Chairman Startup World Cup sekaligus General Partner dan CEO dari Fenox Venture Capital, menuturkan, “Seiring dengan aktifnya kami berinvestasi secara global, kami merasa harus ikut andil dalam memajukan ekosistem startup dunia. Oleh karena itu, kami mengadakan Startup World Cup yang menyatukan wirausahawan dari Asia, Eropa, Australia, dan Amerika Serikat,” katanya.

Anis melanjutkan, acara ini merupakan sebuah kesempatan emas bagi wirausahawan, terutama dari Asia untuk mendapatkan pengalaman di panggung tingkat dunia, menjalin relasi dengan investor ternama dan membangun startup di Silicon Valley.

Startup World Cup bekerja sama dengan beberapa mitra terkemuka di ekosistem startup lokal dari seluruh dunia. Pemenang dari setiap regional akan diundang ke Silicon Valley, dan memperebutkan hadiah utama, sebesar 1 juta dolar Amerika di hadapan juri panel terbaik, di antaranya adalah Eric Feng dari Kleiner Perkins Caufield & Byers, David Cohen dari Techstars, dan Kevin Hale dari Y Combinator.

Fenox VC sendiri merupakan firma penanam modal, yang memiliki portofolio yang beragam. Termasuk lebih dari 65 startup inovatif di seluruh dunia, seperti Jibo, Meta, Genius, Lark, Tech in Asia, Bukalapak, Bridestory dan HijUp. (DI)