WordPress merupakan CMS ( Content Management System ) terbesar di dunia saat ini. Lebih dari 30% website di dunia menggunakan WordPress. Yang membuat WordPress bisa menjadi se-powerful sekarang adalah karena komunitasnya dan open source.

Untuk membantu pengguna WordPress lebih memahami WordPress dan menjadikannya lebih baik lagi dalam menunjang kepentingan personal maupun bisnis, Dewaweb, penyedia layanan cloud hosting di Indonesia yang aman dan cepat mengadakan acara Dewatalks dengan agenda WordPress Jakarta Meetup #14 yang bertema “WordPress Speed Optimization & Progressive Web Application” di EV-hive Plaza Kuningan, Jakarta (17/5).

Dewatalks merupakan acara besar tahunan yang diadakan oleh PT Dewaweb guna membantu dan menjawab segala tantangan dan kebutuhan pelanggan Dewaweb agar sukses berbisnis online. Seminar dengan tanya jawab dipandang sebagai format yang tepat dan sesuai untuk para pelaku bisnis online, UKM dan startup di Indonesia, di mana akan banyak membahas strategi, teknik, studi kasus, kisah sukses dan pengalaman dari para pembicara yang hadir.

Edy Budiman, CEO Dewaweb di acara Dewatalks WPJKT Meetup #14. (Foto: Aprillia Ramadhina)

 

Dewatalks WPJKT Meetup #14 ini menghadirkan tiga pembicara yang ahli di bidangnya. Edy Budiman (CEO Dewaweb) memaparkan materi tentang “New Era of Fast Cloud Hosting”, Ivan Kristianto (Senior Web Engineer at 10up) membawakan materi bertopik “Super Fast WordPress with Litespeed Cache” sementara Yohan Totting (Developer Advocate, Web Developer Relations di Google) menjelaskan tentang “Progressive Web Application for WordPress”

Edy Budiman mengatakan bahwa hosting yang cepat tentu akan membantu website kita semakin diminati pengunjung. “Tantangan era sekarang bukan lagi soal hardware atau network, tapi bagaimana mengoptimasi jalannya aplikasi di cloud. Nggak perlu server yang mahal untuk bisa membuat website berjalan dengan cepat.

Tentunya performa website atau aplikasi yang lebih baik akan membuat bisnis yang kita jalankan lewat website, seperti bisnis online juga bisa berjalan jadi lebih baik lagi,” ujar Edy Budiman.

Selanjutnya, Ivan Kristianto, menjelaskan bahwa 53% dari pengunjung situs mobile akan meninggalkan website yang dikunjungi jika waktu load-nya lebih dari tiga detik.

“Pengaruh dari kecepatan website sangat mempengaruhi revenue yang didapatkan pemilik website.” Ketika website jual beli online-nya loading halamannya lama, pelanggan akan meninggalkan, dan itu akan berdampak pada pendapatan pemilik bisnis online tersebut.

Untuk itu, menurut Ivan penting untuk punya website yang waktu loading-nya di bawah 3 detik dan itu bisa dioptimalkan melalui Litespeed Cache. (AR)