Cara memasarkan konten harus selalu inovatif. Creative content marketing kini tengah menjadi tren pemasaran yang populer.

Setiap bisnis perlu memperhatikan kualitas konten yang diproduksi dan cara menyebarkan serta memasarkannya. Konten yang dipasarkan dengan cara kreatif akan membuat audiens lebih mudah mengingatnya. Dan ketika orang tidak mudah lupa, itu  sebuah kabar baik untuk bisnismu. Lantas apa saja yang perlu diperhatikan dalam membuat creative content marketing?

Content marketing telah menjadi tren pemasaran yang kini bekembang secara pesat terutama sejak ranah digital dirasa lebih efektif jika dibandingkan dengan strategi pemasaran tradisional. Penggunaan strategi content marketing dianggap sebagai jalan keluar untuk tetap menarik dan mempertahankan konsumen dengan cara konsisten dalam membuat konten-konten yang bernilai.

Namun untuk memasarkan konten kreatif yang baik tidaklah mudah, perlu perencanaan yang cukup matang. Lantas apa saja yang perlu diperhatikan dalam membuat creative content marketing?

Head of Content dari GetCraft, Zustina Priyatni membagi tips penting untuk para kreator konten Indonesia!

 

1. Kenali Target Audiens Sebelum Membuat Konten

Agar tepat sasaran, menurut Zustina, sebagai creator hal utama yang harus kita lakukan adalah dengan mengetahui siapa target audiens dari konten yang akan kita pasarkan. Memahami siapa audiens yang kita bidik dari faktor usia, bahkan budaya adalah langkah awal dalam menjamin sebuah konten agar dapat dikonsumsi oleh audiens yang tepat.

 

2. Memahami Minat Audiens

pexels-photo-900108Menurut Zustina, ketika kita tahu minat audiens kita, maka kita bisa menggali dan mengeksplorasi hal itu dalam memasarkan konten.

Dengan memahami minat audiens, konten yang kita hasilkan akan bernilai dan relevan dengan apa yang mereka butuhkan. Selain itu, mempermudah kita untuk meraih tujuan lain seperti brand awareness, peningkatan traffic, conversion, atau membangun tautan berkualitas untuk meningkatkan peringkat konten milik kita di mesin pencari Google.

 

3. Mengikuti Tren yang Sedang Berkembang

startup-photosAgar tak kudet (kurang update) dengan kondisi tren terkini, kita perlu rajin mengecek situs berita. Cek juga blog yang berhubungan dengan bidang kita secara berkala. “Selalu ikuti tren, karena anak muda cenderung suka melakukan hal baru.” tambah Zustina.

Agar tidak terkesan basi, kita harus bertindak cepat dalam menggarap topik yang sedang hangat di kalangan masyarakat menjadi konten yang kreatif untuk dibagikan ke publik. (SA/AR)