Kementerian Perindustrian memprediksi penjualan mobil di Indonesia diperkirakan akan terus tumbuh hingga dua juta unit dalam lima tahun ke depan. Pesatnya perkembangan ekonomi digital, juga membuat industri otomotif terus bertumbuh. Terlihat dari banyaknya bermunculan situs-situs jual beli mobil baru atau bekas.

Dengan adanya situs jual beli mobil online ini, kita dimudahkan dalam hal pencarian kendaraan yang kita butuhkan. Selain itu kita juga hanya perlu membaca informasi mengenai kendaraan yang akan kita beli melalui layar smartphone tanpa harus pergi ke dealer-dealer resmi. Kemudahan ini membantu para penjual dan pembeli untuk saling bertukar informasi kendaraan yang dipasarkan dengan cara yang  lebih mudah dan efisien. Berikut 5 situs yang bisa kamu kunjungi jika hendak menjual atau membeli kendaraan.

Belimobilgue.co.id

belimobilgue
Foto: Belimobilgue.co.id

Belimobilgue.co.id merupakan startup gabungan yang dibuat oleh  Intudo Ventures dan Frontler Car Group. Diluncurkan pada tahun 2017, situs ini telah memiliki beberapa cabang tersebar di wilayah Jabodetabek.  Situs ini merupakan pasar e-commerce C2B (Consumer to Business) untuk mobil bekas.

Konsumen hanya perlu memasukkan informasi kendaraan mereka di halaman situs Belimobilgue.co.id untuk mendapatkan estimasi harga mobil mereka. Kemudian, jika telah mendapatkan estimasi harga, penjual bisa langsung mengatur janji dengan pihak dari Belimobilgue.co.id untuk pemeriksaan fisik kendaraan secara menyeluruh.

Bagian yang  akan diinspeksi adalah mulai dari mesin, rem, ban, hingga uji coba kendaraan. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan acuan dalam memberikan penawaran harga untuk mobil bekas tersebut.

Carsome

Jika Belimobilgue.co.id mengenakkan konsep bisnis C2B, maka Carsome adalah kebalikannya. Carsome yang mengadopsi konsep bisnis B2C (Business to Consumer) ini merupakan startup asal Malaysia dan tengah mengembangkan sayap di Indonesia, Singapur dan Thailand. Carsome melayani penjualan mobil bekas dengan harga dan spesifikasi yang terpercaya.

Salah satu keunggulan dari Carsome adalah  adanya sistem live bidding atau lelang transparan. Selama tiga jam bidding, mobil akan dilelang secara tertutup oleh Carsome kepada para dealer. Namun, kamu pun tetap dapat memantau sendiri live bidding tersebut, karena penjual memiliki akses berupa log in dan password untuk masuk ke situs lelang.

Next: Carmudi