Kelelahan pasca mudik bisa membuatmu tidak berenergi saat kembali ke Jakarta. Ini yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan capek setelah mudik.

Mudik memang menyenangkan, karena kamu bisa melepas rindu dengan keluarga yang mungkin hanya bisa kamu temui satu tahun sekali. Akan tetapi, dibalik cerita seru kepulanganmu itu bisa juga menerbitkan kelelahan yang berkepanjangan. Terutama jika aktivitasmu terlalu padat saat berada di kampung halaman dan kamu terjebak macet yang cukup lama di perjalanan arus balik mudik. Berikut ini yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan capek ketika kembali dari mudik Lebaran.

1. Biarkan barang-barangmu begitu saja

Tidak perlu terburu-buru membongkar koper, tas, atau memisahkan oleh-oleh dan peralatan lainnya. Setelah sampai rumah yang perlu kamu lakukan pertama kali adalah membersihkan dirimu dan kembali istirahat. Terutama jika kamu tiba malam hari atau justru terlalu pagi. Mungkin kamu merasa kamarmu atau ruang tamumu berantakan dengan tumpukan tas dan kantong serta dus berisi oleh-oleh. Tapi, biarkan tubuhmu beristirahat terlebih dahulu, dan barang-barangmu bisa menunggu untuk dibongkar, dipisahkan dan dirapikan kembali.

2. Tidur yang cukup dan tidak berlebihan

Satu hal yang paling tubuhmu butuhkan setelah balik mudik adalah istirahat. Jangan sampai kamu justru membawa oleh-oleh sakit setelah balik mudik Lebaran. Walaupun kamu sudah tidur di perjalanan, tetap saja itu belum cukup membuat tubuhmu nyaman. Apalagi jika kamu terjebak macet yang cukup lama di perjalanan. Namun, kamu perlu ingat untuk tidak tidur berlebihan. Tidur yang terlalu banyak setelah kelelahan akan membuat tubuhmu semakin lemas.

Next: Jangan memforsir tubuh