Media sosial Instagram masih menjadi salah satu media yang powerful untuk mempromosikan bisnis. 

Berbisnis di era digital tidaklah sulit, kamu hanya perlu menggunakan media sosial sebagai sarana penyebaran produk bisnismu. Hal tersebut terbukti karena saat ini kebanyakan dari pebisnis menggunakan media sosial mereka untuk mempromosikan produk yang mereka jual. Melalui media sosial, penjual dan pembeli dimudahkan dalam hal berkomunikasi, bisa melalui komentar maupun pesan pribadi pada sosial media tersebut.

Untuk kamu yang sudah membuat akun bisnis, berikut ini cara agar produkmu hits di Instagram dan mendapatkan banyak pelanggan.

Bercerita melalui Instagram Stories

Fitur yang sangat membantu pengguna Instagram untuk berbisnis adalah Instagram Stories. Fitur ini menunjang pengguna untuk memperkenalkan produk mereka dalam sebuah cerita pendek. Selain itu Instagram Stories juga bisa memasukkan link yang mengarah ke website bisnis kamu, walau tidak semua akun bisa menyematkan tautan. Hanya akun yang sudah memiliki 10 ribu pengikut yang bisa melakukannya.

Hal lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan memposting keunikan dari produk yang kamu jual dan diolah menjadi konten yang lebih menarik. Bisa dari cara membuatnya, atau behind the scene. Orang sering tertarik dengan proses pembuatan sesuatu. Buatlah orang penasaran terhadap produkmu melalui konten-konten yang kamu buat.

Manfaatkan Instagram TV

Untuk menunjang efektivitas promosi bisnis kamu, kamu bisa mengoptimalkan Instagram TV atau IGTV. Berhubung ini fitur baru, tentunya lebih banyak penonton dibanding kreatornya. Karena itu bisnis kamu punya peluang untuk dilihat semakin banyak orang. Kamu bisa membuat video-video menarik terkait bisnismu dengan durasi yang lebih panjang.

Pastikan kamu membuat konten yang sesuai dengan sasaran target audiens dan target pasar kamu. Jangan lupa untuk tingkatkan juga interaksi dengan pelanggan. Hindari mengabaikan komentar-komentar yang dilayangkan di konten yang kamu buat. Buatlah visual yang kuat untuk menarik minat calon pelanggan kamu melalui IGTV ini.

Beriklan di Instagram

Iklan di Instagram sangat efektif untuk meraih banyak pelanggan. Kamu perlu punya budget khusus untuk digital marketing. Tapi dengan mengeluarkan modal untuk iklan, output yang kamu dapatkan juga akan sebanding. Karena semakin banyak yang melihat postingan Instagram kamu akan semakin banyak yang mengenal dan mengetahui bisnis kamu.

Setelah mereka tahu dan mengenal, jika mereka tertarik, mereka akan menjadi follower. Nantinya juga mereka bisa menjadi pelanggan kamu. (JU/AR)