Tim adalah bagian paling penting dalam pekerjaan dan bisnis. Membangun tim yang kuat akan memajukan bisnis atau startup yang kamu punya.

Salah satu tantangan tersulit bagi para pemimpin bisnis adalah untuk mendapatkan sebuah tim yang tepat dan memberikan hasil kinerja yang diinginkan oleh perusahaan. Bisnis adalah tentang membangun hubungan. Oleh karena itu tidak mengherankan bahwa memiliki hubungan yang baik antara anggota tim akan berdampak langsung pada keberhasilan tim tersebut.

Namun, terlepas dari semua upaya terbaik kamu untuk membentuk tim yang hebat dan berkinerja tinggi, kadang-kadang ada hal yang terjadi di luar kendali. Ketika hambatan itu terjadi, kamu perlu mengambil tindakan segera dan tidak membiarkan tim tersebut melanjutkan kegiatan yang  tidak produktif.

Berikut adalah lima cara untuk mengubah tim yang tidak fokus dan tidak bersemangat menjadi tim yang penuh ide, produktif, dan secara konsisten mencapai hasil yang kamu inginkan:

1. Gabungkan Orang yang Berbeda Latar Belakang dalam Tim

Kamu bisa mengelompokkan orang-orang dari beragam latar belakang di dalam satu tim. Dengan menggabungkan orang-orang yang berbeda latar belakang, kamu bisa mendapatkan ide segar yang bisa memajukan perusahaanmu. Karena dalam tim, yang terpenting bukan siapa bosnya, tapi siapa yang memiliki ide-ide terbaik.

2. Adakan Pertemuan di Luar Kantor

Setelah sibuk bekerja di dalam kantor, cobalah untuk bersantai dengan tim kamu di luar kantor. Ajak mereka ngobrol santai sambil minum kopi di kafe atau makan di restoran. Ini bisa mempererat hubungan antar tim. Kamu juga bisa mengadakan meeting di luar untuk memberikan suasana baru.

Next: Rayakan Keberhasilan dan Kegagalan Tim