Lima startup terbaik Indonesia dibawa Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) ke ajang festival seni kreatif dan teknologi South by Southwest (SXSW) 2018 di Texas Amerika Serikat. 

Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) kembali mempromosikan beragam produk ekonomi kreatif dan talenta terbaik Indonesia ke ajang internasional melalui Pavilion Archipelageek di festival seni kreatif dan teknologi terbesar dunia, South by Southwest (SXSW) 2018. Digelar pada 9 hingga 18 Maret 2018, bertempat di Ausin, Texas, Amerika Serikat.

Hari S. Sungkari selaku Deputi Infrastruktur Bekraf mengaku pihaknya telah memberi pembekalan di tiap-tiap subsektor. “Dalam festival ini terdiri dari dua subsektor, ada musik dan digital. Bercermin dari tahun lalu, nantinya mereka akan mendapatkan distributor dan kontrak, mengingat goals kita adalah marketbase.” jelasnya.

Sebelumnya Bekraf telah mengumumkan sederet nama pelaku kreatif di Indonesia yang turut memperkenalkan karya terbaiknya di mata dunia. Mereka adalah, Kata.ai, Seruniaudio, SAFT7ROBOTICS, Squline, dan Mycotech.

Tak ketinggalan, nama terkenal grup musik indie musik, Efek Rumah Kaca, Rich Brian sosok penyanyi rap dan Kimokal di bidang dance elektronik dipilih langsung pihak SXSW. Ajang bergengsi ini juga didukung Telkomsel NextDev yang turut serta memberangkatkan salah satu perusahaan rintisan terbaik, Vestifarm, di bidang peternakan.

Selain dapat mempromosikan produk ekonomi kreatif terbaik di dalam negeri, ajang ini juga bertujuan untuk menciptakan kesempatan seluas-luasnya bagi para pelaku ekonomi kreatif Indonesia agar kian tangguh dan sukses berkiprah di pasar global yang sangat kompetitif. (SA/NH)