Menurut penelitian, membaca punya banyak manfaat. Selain membuat kamu lebih kreatif, ternyata membaca buku bisa memperpanjang umur juga, lho!

Lebih dari seperempat atau 26 persen orang dewasa Amerika mengaku tidak membaca buku dalam setahun terakhir. Data tersebut didapat dari statistik yang dikeluarkan Pew Research Center. Padahal, menurut sains, membaca buku memberikan banyak manfaat tidak terduga! Apa saja manfaat membaca buku?

1. Membaca fiksi dapat membantu kamu menjadi lebih terbuka dan kreatif

Menurut penelitian yang dilakukan di Universitas Toronto, mereka yang membaca fiksi cerita pendek memiliki pikiran yang lebih terbuka dibanding mereka yang membaca esai nonfiksi. Membaca nonfiksi memang bisa meningkatkan kemampuan kognitif kita, tapi membaca fiksi juga membantu kita untuk berpikir lebih kreatif. Ini dikarenakan fiksi berisi imajinasi yang diceritakan dengan gaya bahasa yang menarik. Jadi, kamu bisa mulai membaca novel untuk membuat pikiranmu berekreasi.

2. Orang yang membaca buku bisa hidup lebih lama

Menurut peneliti di Yale University School Public of Health, yang meneliti 3.635 orang yang berusia di atas 50 tahun menemukan bahwa mereka yang membaca buku selama 30 menit setiap hari, memiliki hidup rata-rata 23 bulan lebih lama daripada mereka yang tidak suka membaca.

Membaca buku menciptakan keterlibatan kognitif yang meningkatkan banyak kemampuan, termasuk peningkatan kosakata, keterampilan berpikir, dan konsentrasi. Hal ini juga dapat memengaruhi empati, persepsi sosial, dan kecerdasan emosional. Sifat dan kemampuan tersebutlah yang dapat membantu orang untuk bisa hidup lebih lama.

Next: Meningkatkan perasaan damai dan kepuasan hidup