Seiring semaraknya lanskap startup, diiringi pula dengan munculnya eksistensi para angel investor, yang membantu dana awal pengembangan startup. Siapa saja sosok mereka yang wajib dikenali oleh para pelaku startup?

Dalam setahun, pertumbuhan startup di Indonesia terus meningkat, dan bahkan hampir setiap bulan, bisa dibilang kini selalu ada saja startup baru yang lahir, dengan produk dan layanan yang unik. Besarnya potensi bisnis dari pelaku usaha startup ini, mendorong pula lahirnya para angel investor, atau ‘malaikat pemberi dana’.

Istilah angel investor kerap digunakan untuk menyebut investor atau pemodal murah hati, yang menyediakan dana awal bagi bisnis startup. Tanpa terlalu memperhitungkan imbalan (return), angel investor ini berdiri di depan bersama pendiri startup, berbekal keyakinan yang sama.

Meski diiringi risiko besar, angel investor tetap maju dengan visi turut mengembangkan gagasan menjadi produk berkualitas, yang menjawab solusi kebutuhan masyarakat. Dengan kata lain, angel investor adalah juga sosok wirausahawan yang berani ambil risiko dengan berinvestasi di startup baru beroperasi atau berada di fase awal.

Tertarik mengetahui siapa saja angel investor ternama, yang aktif memberi pendanaan berbagai startup di dunia? Hitsss merangkumnya untuk kamu. Yuk, simak!

Dave Morin

Dok. upstart.bizjournals.com
Via Upstart.bizjournals.com

Bagi kamu pengguna jejaring sosial Path, tentu mengenal Dave Morin, CEO sekaligus pendiri aplikasi Path. Sebagai pengusaha sukses asal Amerika Serikat, Dave Morin dikenal pula sebagai angel investor.

Ia bergabung dalam kelompok angel investor bernama AngelLits, yang aktif memberikan pendanaan pada startup, seperti Hipcamp. Ia juga banyak membantu para pebisnis startup di kawasan Asia, melalui pendanaan serta dukungan tim profesional dan akses pasar luas. Nama Morin juga masuk dalam jajaran daftar Top 50 Early Stage Investors in Sillicon Valley pada 2012.

Jeff Bezos

Dok. Inc42
Via Inc42

Siapa tak mengenalnya? Jeffrey Preston Bezos, kelahiran 12 Januari 1964 di Albuquerque, New Mexico, ini akrab disapa dengan Jeff Bezos. Ia dikenal sebagai pengusaha sukses, pendiri sekaligus Chairman dan CEO dari Amazon.com, situs ecommerce terbesar di dunia dengan jaringan luas di mancanegara.

Lelaki yang masuk dalam lima besar jajaran orang terkaya dunia versi majalah Forbes ini, dikenal pula sebagai angel investor sejak 2005. Berbagai startup telah dibantu pendanaannya, untuk pengembangan produk dan ekspansi usaha.

Beberapa di antaranya yang terkenal dan meraih sukses, yaitu Airbnb dan Mobile Lookout. Jeff Bezos juga dikenal sebagai salah satu investor awal di Google. Pada 1998 silam, ia menginvestasikan dana sebesar 250 ribu dolar Amerika di Google.

Baca halaman selanjutnya: Jeff Clavier, Managing Partner dari SoftTech VC…