Berpikir positif saat menghadapi masalah sulit perlu dilatih agar kita bisa fokus pada solusi dan bukannya tenggelam dalam masalah.

Ketika kita menghadapi masalah sulit, bisa jadi kita agak sulit untuk berpikir positif. Berbagai pikiran buruk pun menghampiri. Padahal, berpikir negatif hanya akan memperburuk keadaan. Karena kamu jadi tidak bisa berpikir dengan lebih jernih untuk mencari solusi terbaik. Lantas apa yang bisa dilakukan?

Berikut ini yang bisa kamu lakukan untuk tetap berpikir positif saat menghadapi masalah sulit di kantor menurut buku Fun Employee Funtastic Career (2017) yang ditulis oleh Vitayanti Wardoyo, Managing Director Dynargie Indonesia.

Menenangkan diri

Kenali tanda ketika emosimu mulai naik. Apakah itu rahang yang mengeras, leher yang menegang dan lain sebagainya. Masalah sulit yang kamu hadapi di kantor bisa timbul dari umpan balik negatif yang muncul dari orang lain, seperti direndahkan, disalahkan, dan lain sebagainya.

Agar tidak tenggelam dalam emosi negatif, Vita mengisi tangki emosi positif dengan berbagai pencapaian positif yang ia raih. Respon positif dan juga kenangan positif. “Saya selalu menyediakan area untuk perbaikan. Di atas itu semua, kita semua adalah manusia biasa, yang tentunya sangat alami untuk membuat kesalahan. Just learn from it and move on.”

Merangkul emosi

Setiap manusia tentu punya emosi. Kita jelas tidak bisa menjadi manusia super yang selalu bahagia setiap saat. Apa pun emosi dan yang hadir, berdamailah dengannnya. Kenali perasaanmu sendiri. Ketika kamu berhasil merangkul emosi, kamu juga akan lebih mudah untuk mengendalikannya.

Mungkin kamu perlu stimulus untuk membantumu kembali semangat. Kamu bisa mencoba dengan mendengarkan lagu sambil ikut bernyanyi dan bergoyang, atau mungkin kamu bisa minum kopi untuk meredakan sedikit rasa cemas.

Next: Melatih bersikap positif