Empat seniman Indonesia lulusan FSRD ITB berkolaborasi dengan seniman Inggris membuat seni instalasi berjudul “Aurora” di Liverpool, Inggris.

Keempat seniman dari Indonesia itu adalah Abshar Platisza, Bagus A. Pandega, Etza Meisyara, Digital Nativ oleh Miebi Sikoki dan Rudy Nurhadi. Sementara seniman dari Inggris akan diwakili oleh Invisible Flock, kelompok seniman dari Leeds yang fokus pada kesenian interaktif dengan menggunakan teknologi.

Mereka membuat sebuah karya seni yang mengusung nama Aurora. Instalasi ini secara khusus dibuat dengan cara memberikan respon terhadap ruang melalui berbagai teknik kesenian dalam sebuah tempat penampungan air berusia tua di Toxteth, Liverpool, yang bernama Toxteth Reservoir.

Aurora, serta hubungan kreatif yang terbentuk oleh para seniman kedua negara ini, merupakan bentuk nyata kolaborasi Indonesia-Inggris yang merupakan semangat dari program UK/ID 2016 – 2018 yang diluncurkan oleh Presiden Joko Widodo pada April 2016 di Inggris.

“Aurora merupakan sebuah wadah kreatif bagi para seniman dengan latar belakang budaya yang berbeda untuk berkreasi dan menanggapi situasi sekitarnya lewat seni,” ujar Direktur Seni dan Industri Kreatif British Council Indonesia, Adam Pushkin.

“Selain itu, Aurora sendiri merupakan salah satu kisah sukses dari perjalanan program UK/ID 2016 – 2018 yang telah memfasilitasi berbagai bentuk kolaborasi kreatif antar seniman Indonesia-Inggris. Salah satunya melalui residensi dan produksi karya seni seperti Aurora. Kami harap cerita kolaborasi ini dapat menginspirasi terbukanya lebih banyak kesempatan kolaborasi antara seniman-seniman Indonesia dan Inggris,” lanjutnya.

Karya instalasi Aurora ini akan resmi dibuka untuk publik pada 21 September hingga 7 Oktober 2018 di Liverpool. Melalui instalasi seni ini, para pengunjung akan memasuki area Toxteth Reservoir dan mengitari instalasi yang disuguhkan secara interaktif. Sehingga pengunjung akan mendengar, melihat, dan merasakan sebuah karya seni melalui gabungan teknologi interaktif, soundscapes, cahaya, serta ukiran es. (NA/AR)