H: Bagaimana menyeimbangkan kesibukan sebagai pebisnis dengan keluarga?

ALC: Ketika kita ada di level tertentu dalam berbisnis, kita bisa punya kemewahan untuk menjaga keseimbangan diri. Karena kita sudah bangun infrastruktur yang bisa membuat bisnis berjalan dengan baik. Kata istri saya Carline begini: “Jangan terbudaki sama perusahaan sendiri. Buat apa bikin perusahaan sendiri kalau nggak bisa liburan.”

H: Selama berbisnis, apa pelajaran berharga yang paling Aoura ingat?

ALC: Tanpa tim yang kuat, kamu nggak akan bisa berbuat apa-apa. It’s not about you, it’s about the team. Saya belajar banyak dari teman-teman pebisnis lainnya di sekitar saya. Mereka berada di bidang yang berbeda-beda. Ada yang punya restoran, agensi, design house, firma arsitektur, dan lain sebagainya. Saya memang nggak terlalu banyak baca buku, tapi ngobrol dengan mereka, itulah yang memperkaya pengalaman saya.

H: Apa arti kesuksesan bagi Aoura?

ALC: Kesuksesan bagi saya adalah ketika kita punya kebebasan melakukan yang kita suka. Saya itu produser konten. Saya suka menciptakan proyek. Dan sukses itu ketika proyek saya itu banyak yang berjalan dengan baik. Kalau saya nggak sukses pastinya akan kesulitan mewujudkan proyek yang saya mau. Urusan ekonomi, finansial, itu adalah konsekuensi. Ketika orang memberi nilai (value) atau menghargai apa yang kita lakukan, persoalan ekonomi akan naik dengan sendirinya. (AR)