Kesempatan membangun startup saat ini terbuka luas, Antonny Liem dan Vikra Ijas dalam ajang LocalStartupFest 2.0 berbagi kisah, pentingnya sinergi dengan orang lain dalam meraih kesuksesan bisnis.

Sebagai makhluk sosial, manusia tidak dapat hidup sendiri. Mereka tidak akan dapat survive tanpa bantuan dan arahan dari orang lain. Begitu juga dalam dunia bisnis.

Vikra Ijas - Local Startup Festival 2.0
Vikra Ijas memberikan materi “The Internet of Kindness” di Local Startup Festival 2.0 di Ballroom Kuningan City

Perihal ini disinggung para pembicara Local Startup Festival 2.0 (18 – 19 Oktober) lalu, di Ballroom Kuningan City, Jakarta.  Antonny Liem, CEO Merah Putih Inc., dan Vikra Ijas, Co-founder Kitabisa, dalam kesempatan terpisah, menekankan peran penting adanya sinergi dengan orang lain yang menjadikan salah satu elemen dasar kesuksesan sebuah startup.

Hitsss berbagi hasil liputan acara Local Startup Festival 2.0. Yuk, simak.

1. Temukan Rekan Bisnis yang Tepat

Via Teropong bisnis
Via Teropong bisnis

Vikra Ijas dalam ceramahnya menceritakan awal mula berkiprah di situs crowdfunding, Kitabisa, ia bertemu Timmy atau Muhammad Alfatih Timur. Awalnya mereka tidak saling kenal dan sama-sama tidak punya latar belakang di bidang Information Technology. Meski begitu, mereka memiliki kepedulian sama dan saling berbagi ide dalam membangun startup mereka.

“Memulai bisnis tidak bisa sendirian. Mendapatkan rekan sepemikiran dan sepaham atas isu tertentu menjadi awal baik untuk membangun startup, setidaknya kamu dapat mengembangkan ide dan teknik di dalam usaha rintisan kamu. Setiap kekurangan ide dalam kreasi platform akan terisi oleh ide dari rekan kamu,” jelas Vikra Ijas.

Baca halaman selanjutnya: Bentuk tim kerja yang solid…